by

Puluhan PMI Hong Kong Menerima Ijazah S1

25 pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong yang menjadi mahasiswa Universitas Terbuka – Pokjar HK melakukan upacara penyerahan ijazah sarjana S1 di gedung BNI, 16 Harcourt Rd, Central, karena telah menyelesaikan pembelajaran jarak jauh selama 8 semester atau lebih, Minggu (25/4/2021).

Puluhan PMI yang mengikuti wisuda tersebut mengaku sangat bahagia, karena telah menyelesaikan pembelajaran di perguruan tinggi sambil terus bekerja sebagai pekerja rumah tangga (PRT) migran dengan segala keterbatasannya untuk membantu perekonomian keluarga.

“Ketika saya berangkat ke Hong Kong untuk bekerja demi memperbaiki masa depan, saya kira memiliki tabungan uang di bank sudah cukup. Tapi setelah melihat banyak teman-teman PMI lainya yang sudah punya tabungan uang yang cukup dan memutuskan untuk pulang ke Indonesia namun baru beberapa bulan sudah mengalami kesulitan dana, membuat saya berfikir ulang, bahwa memiliki tabungan uang saja tidak cukup. Itu sebabnya saya mendaftarkan diri ke Universitas Terbuka untuk mempertajam kemampuan saya, dan menjadikannya lahan penghasilan ketika saya sudah cukup mumpuni serta berusaha mengembangkannya agar bermanfaat untuk sesama,” kata Reni salah satu peserta wisuda.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka periode 2021-2025 Prof Drs Ojat Darojat MBus PhD, Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong Ricky Suhendar, Atase Pendidikan KBRI Beijing Yaya Sutarya. Mereka berpesan kepada PMI di mana saja mereka bekerja, untuk tetap belajar dan jangan lelah untuk mewujudkan mimpinya, meski usianya sudah tidak lagi muda.

News Feed