by

Korban Tewas Akibat Virus Wuhan Menjadi 106 Orang

Korban tewas akibat wabah virus corona di China telah melonjak hingga 106 orang dan sebanyak 1.300 kasus baru telah dikonfirmasi oleh pihak yang berwenang pada hari Selasa (27/1/2020).

Dilansir dari RTHK, komisi kesehatan di provinsi Hubei Tengah mengatakan Wuhan merupakan pusat epidemi, sebanyak 24 orang lagi tercatat meninggal dunia akibat virus tersebut dan 1.291 orang lainnya dinyatakan terinfeksi. Dengan begitu jumlah total kasus yang dikonfirmasi terinfeksi virus berbahaya tersebut menjadi lebih dari 4.000 kasus di Wuhan dan sekitarnya.

Sementara itu, Komisi Kesehatan Nasional di Beijing pada Selasa mengumumkan kepada publik bahwa sebanyak 4.515 kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan tersebar di 30 wilayah tingkat Provinsi.

Pihak yang berwenang juga mengatakan ada sebanyak 976 pasien yang saat ini dalam kondisi kritis dan sebanyak 6.973 orang yang dicurigai terinfeksi virus pada akhir Senin. Sedangkan 60 orang lainnya telah dinyatakan sembuh dan dikeluarkan dari rumah sakit.

Dikutip dari RTHK, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok (National Health Comission, NHC) juga mengungkapkan beberapa detil baru terkait virus yang memiliki nama resmi 2019 nCoV Corona atau Novel Corona tersebut. Salah satunya, karakter virus Corona memiliki kemiripan 85 persen dengan virus Sars Corona dengan masa inkubasi paling cepat 3 hari.

Selain itu, NHC juga menambahkan bahwa virus Corona bisa menyerang bayi ataupun anak-anak. Namun, temuan NHC, efek virus Corona justru relatif ringan terhadap bayi dan anak-anak dibandingkan kepada orang dewasa.

Secara terpisah, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (Chinese Centre for Disease Control and Prevention) mengatakan bahwa jumlah korban sekarang masih bisa bertambah. Hal tersebut tidak serta merta karena penyebaran virus makin parah, tetapi juga bisa karena masih adanya data yang belum masuk, terutama dari kawasan yang terisolir seperti Wuhan.

Sebagai tambahan, sejauh ini perbandingan jumlah pasien terpapar Corona antara perempuan dan pria adalah 1,16:1. Selain itu, 99,4 persen pasien Corona adalah orang dewasa dengan 16,8 persen di antaranya menderita gangguan pernafasan pneumonia akut. Walau begitu, diperkirakan angka kematian tidak akan melebihi 3 persen dari total jumlah pasien.

News Feed