by

Bantuan 10 Ribu Masker n95 dari Indonesia akan Dikirim ke China

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Bidang Logistik dan Peralatan akan mengirimkan bantuan 10 ribu lembar masker n95 untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Wuhan, Provinsi Hubei dan terisolasi karena virus 2019-nCoV Selasa (28/1/2020).

“Ada 10 ribu masker untuk WNI dikirim besok,” ujar Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi seperti dikutip Tempo, Selasa, (28/1/2020).

Dilansir dari Tempo, pengiriman masker tersebut dilakukan sebagai respon cepat BPNP atas permohonan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing terkait terjangkitnya wabah Coronavirus di China.

Sebelumnya KBRI Beijing mendapatkan instruksi Presiden RI Joko Widodo agar membagikan masker kepada seluruh WNI di China, tetapi stok masker di China tidak tersedia di hampir seluruh wilayah.

“Dari Beijing kami sudah kontak layanan pengiriman yang mendapatkan izin dari otoritas Tiongkok untuk masuk ke wilayah yang di karantina dan mereka bersedia sehingga kiriman masker itu akan dilaksanakan,” kata Dubes RI di China.

WNI yang tinggal di daerah karantina di Provinsi Hubei sebanyak 243 orang dan mayoritas kalangan mahasiswa. Menurut Retno Marsudi, para WNI di sana dalam keadaan baik dan tidak ada yang terinfeksi virus Corona. Pemerintah selama ini belum bisa mengevakuasi mereka untuk keluar dari wilayah karantina karena belum mendapatkan lampu hijau dari pemerintah setempat.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo menegaskan pengiriman bantuan ke WNI di China tidak perlu menunggu status darurat karena sudah diatur dalam UU Nomor 24 tahun 2007 terkait bencana non-alam dan Inpres No 4 tahun 2019.

Sampai dengan hari ini, Pemerintah China sudah mengisolasi 16 kota di Provinsi Hubei dan sudah 107 orang tewas karena virus yang menggemparkan dunia tersebut.

News Feed