by

Cara Mudah ‘Jutking’ Ke Macau

Apabila pekerja migran Indonesia (PMI) telah bekerja di Hong-Kong selama dua tahun, dan menambah kontrak atau mencari tempat kerja baru, tanpa pulang ke Indonesia terlebih dahulu, PMI harus jutking/keluar dari Hong-Kong sebelum masa kerja ditempat baru mendapat satu tahun.

Salah satu pilihan cepat dan mudah, adalah jutking ke Macau menggunakan Hong Kong – Zhuhai – Macau Bridge Shuttle Bus (HZMB), dengan jarak tempuh 30 sampai 40 menit. Perjalanan dari Hongkong ke Macau, juga bisa ditempuh selama satu jam menggunakan TurboJet, atau mengunakan helicopter dengan biaya yang relative lebih mahal.

Dari Sunny Bay ke terminal HZMB naik B5. Foto: Terenia Puspita/Migran Pos

Cara menuju terminal HZMB, Anda bisa naik dari MTR Sunny Bay keluar pintu A, kemudian mencari bus nomer B5 dengan biaya 5 HK$, dan berhenti dipemberhentian terakhir. Karena loket HZMB terletak dibagian dalam, Anda baru bisa membeli tiket, setelah melewati pemeriksaan di imigrasi HK.

Mengantri naik HZMB dari HK ke Macau. Foto: Terenia Puspita/Migran Pos

Hanya dengan $HK65 Anda sudah bisa mendapatkan tiket HZMB sekali jalan, kemudian mengantri untuk mendapat bus yang setiap 5 menit datang dan pergi, melewati jembatan sepanjang 55 kilometer menyambungkan Hongkong, Makau, dan kota Zhuhai di daratan China.

Tiket HZMB dari HK ke Macau. Foto: Terenia Puspita/Migran Pos

Pilihlah tempat duduk yang berjendela, karena hamparan laut di samping kanan dan kiri sangat menajubkan, namun jika Anda tidak terbiasa melakukan perjalanan dengan bus, ada baiknya persiapkan kantong plastik atau obat tidur.

Anda juga bisa menggunakan HZMB untuk kembali dari Macau ke HK. Terdapat dua lokasi loket yang berada sebelum masuk imigrasi dan setelah keluar imigrasi.

News Feed