by

Stok Vaksin Campak Kosong Ditengah Wabah Campak

Ditengah wabah campak merebak, vaksin campak langka di rumah sakit pemerintah dan swasta.  Bagi mereka yang beruntung mendapatkan vaksinasi ditarik biaya sebesar HK$1800.

Meski demikian, Rabu (27/3/2019), pejabat kesehatan pemerintah Hong Kong mengatakan perusahaan farmasi telah menyediakan 30,000 vaksin campak kepada para dokter dan klinik swasta sepekan terakhir dan masih akan terus didatangkan lagi.

Dalam penulusuran RTHK, Rabu (27/3/2019), ketika meminta vaksinasi campak pada beberapa klinik kesehatan besar di Hong Kong mereka mengatakan tidak mempunyai persediaan, dan tidak dapat memeberikan kepastian kapan stok vaksim akan kembali tersedia.

Dari dua klinik besar di Tseung Kwan O dan Kwun Tong yang didatangi, mereka mengatakan hanya mempunyai stok sangat sedikit dan biaya yang dikenakan untuk vaksinasi sebesar HK$ 1800.

Sementara beberapa rumah sakit swasta masih menunggu ketersediaan vaksin campak, pasien juga dikenakan biaya pemeriksaan anti-bodi sebesar HK$ 600 untuk mengetahui apakah mereka sudah terlindungi dari campak atau belum.

Sampai saat ini sudah ada 30 orang yang terinfeksi campak, mayoritas pasien bekerja di bandara.

News Feed