by

Lebih dari 3.500 PRT Migran Diperiksa Langsung Secara Acak, 5 Orang Diketahui Melanggar Perintah Wajib Tes Covid-19 Periode Pertama

-Berita-2,490 views

Departemen Tenaga Kerja Hong Kong pada hari Minggu (16/5), mengatakan telah melakukan pengecekan terhadap lebih dari 3.500 pekerja rumah tangga (PRT) Migran untuk melihat apakah mereka telah mematuhi perintah wajib tes Covid-19 periode pertama atau belum, Senin, (17/5/2021).

Dikutip dari RTHK, petugas mendekati dan memeriksa secara acak 3.539 PRT Migran yang sedang berada di titik berkumpul mereka pada hari libur, seperti di Causeway Bay, Lai Chi Kok, Central, Admiralty, Tsuen Wan dan jembatan biru Mong Kok. Petugas menanyakan SMS yang membuktikan sudah mengikuti tes swab (1-9 Mei) dan bukti telah vaksinasi bagi yang tidak mengikuti wajib tes.

Dari hasil pemeriksaan ada 20 PRT migran yang catatan pengujian atau vaksinasi mereka masih memerlukan verifikasi lebih lanjut dan kasus mereka akan ditindaklanjuti.

Petugas juga memberikan denda tetap HK$ 5000 dan mengeluarkan perintah pengujian wajib untuk 5 PRT migran yang tidak mengikuti wajib tes dan memerintahkan mereka untuk menjalani pengujian wajib dalam jangka waktu yang ditentukan, jika masih melanggar perintah maka akan dikenakan denda pelanggaran level kedua yaitu HK$ 25.000 dan penjara 6 bulan.

Pemerintah mengucapkan terima kasih atas kerjasama PRT migran dan mengimbau para PRT migran untuk secara ketat memperhatikan jaga jarak sosial, dan menghindari pertemuan, berbagi makanan, dan kegiatan sosial lainnya pada hari-hari libur mereka untuk menjaga kesehatan pribadi mereka.

Mereka menambahkan bahwa semua PRT migran di Hong Kong harus menjalani wajib tes putaran kedua dari 15 Mei hingga 30 Mei, dengan hanya PRT migran yang telah divaksinasi penuh atau dua kali vaksin yang dibebaskan untuk tidak mengikuti tes.

Pemerintah memperingatkan bahwa siapa pun yang tidak mematuhi perintah wajib tes akan dikenakan denda tetap HK$ 5000 dan perintah wajib tes pada periode tertentu. Jika masih melanggar akan dikenakan denda level lanjutan HK $ 25.000 dan penjara 6 bulan.

News Feed