by

Carrie Lam: Wajib Vaksin untuk PRT Migran Akan Ditinjau Ulang

-Berita-1,754 views

Kepala Eksekutif Carrie Lam Cheng Yuet-ngor hari ini pada pengarahan rutinnya mengatakan kebijakan pemerintah Hong Kong yang mewajibkan pekerja rumah tangga (PRT) migran untuk divaksinasi virus korona sebagai prasyarat untuk perpanjangan kontrak kerja akan ditinjau ulang, Sabtu (8/5/2021).

Lam mengatakan Sekretaris Hukum Ketenagakerjaan Chi-kwong akan diminta untuk melakukan peninjauan ulang dan meminta pendapat dari perwakilan konsuler asal negara PRT migran.

Mengacu pada perintah wajib pengujian untuk PRT migran, Lam mengatakan bahwa dia sadar dua tindakan yang menargetkan PRT migran telah menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Tetapi langkah-langkah tersebut jika dipandang dari sudut pandang kesehatan masyarakat sebenarnya tidak diskriminatif. Menilik risiko virus, semua PRT migran harus menjalani tes untuk penyakit virus corona selambat-lambatnya tanggal 9 Mei.

Kelompok PRT migran telah melakukan protes dan menuduh adanya diskriminasi setelah PRT diperintahkan untuk wajib diuji. Sedangkan Ketua Komisi Persamaan Kesempatan (EOC) Ricky Chu mengatakan pada hari Senin lalu bahwa perintah pengujian tidak diskriminatif.

Sekretaris Utama, Matthew Cheung Kin-chung, juga mengatakan bahwa wajib pengujian bagi PRT migran bertujuan untuk melindungi PRT migran sendiri, keluarga majikan mereka, termasuk orang tua dan anak-anak, serta keluarga dan teman-temannya.

News Feed