by

465 PRT Migran Tertular Covid-19, Ombudsman Akan Menyelidiki Bording House untuk PRT Migran

Ombudsman sebagai sebuah lembaga pemerintah
yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, akan melakukan investigasi langsung ke boarding house atau asrama atau rumah kos untuk para pekerja rumah tangga (PRT) migran, karena beberapa dari mereka telah tertular Covid-19 selama tinggal di tempat tersebut, Kamis (15/1/2021).

“Apakah fasilitas tempat-tempat tersebut sudah memenuhi persyaratan keselamatan publik atau belum telah menimbulkan banyak kekhawatiran di kalangan masyarakat. Pemerintah berkewajiban untuk memastikan lingkungan hidup yang layak bagi PRT migran yang bekerja di Hong Kong, serta menjaga keamanan publik, ” kata juru bicara Ombudsman Winnie Chiu Wai-yin dilansir seperti dikutip The Standard.

Saat ini, PRT migran bisa tinggal di rumah kos atau asrama yang disediakan oleh agensinya selama dua minggu atau lebih, setelah mereka kehilangan pekerjaannya dan mulai mencari pekerjaan baru. Namun akomodasi tersebut dituding kurang baik untuk tempat tinggal, karena terlalu padat dan kebersihannya buruk, serta melanggar tata guna bangunan.

Tidak ada undang-undang atau mekanisme khusus yang ditetapkan untuk mengatur fasilitas asrama pekerja rumah tangga migran, dan memastikan asrama tersebut memenuhi persyaratan penyelamatan jika terjadi kebakaran, atau langkah-langkah lain yang dibutuhkan untuk proses penyelamatan dari gedung.

Sejauh ini, sebanyak 465 PRT migran dikonfirmasi telah tertular virus korona, dan 212 di antaranya adalah infeksi lokal. Kasus Covid-19 yang melibatkan pekerja rumah tangga migran menyumbang sekitar lima persen dari total kasus di Hong Kong.

Penyelidikan akan memeriksa peraturan tentang rumah kos oleh departemen pemerintah terkait, termasuk Departemen Tenaga Kerja, Departemen Dalam Negeri dan Departemen Imigrasi. Ombudsman mengundang informasi dan pandangan dari anggota masyarakat. Pengajuan tertulis harus mencapai Kantor Ombudsman paling lambat 14 Februari 2021

News Feed