by

Diduga Terjatuh Saat Membersihkan Jendela, Seorang PMI Meninggal di North Point

Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) ditemukan tergeletak di tempat parkir Blok A, Jalan King Fung Yuen, Tin Hau Temple, North Point, sekitar jam 10 pagi hari ini. Investigasi awal polisi menyebutkan bahwa PMI yang berusia 37 tahun tersebut diduga terjatuh dari balkon saat membersihkan jendela. Namun hingga saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikannya, Kamis (14/1/2021).

Ketika tim penyelamat tiba untuk melakukan pemeriksaan dan menutup tempat kejadian, mereka mengeluarkan tenda untuk menutupi tubuh korban sebelum memasuki unit di dalam gedung untuk penyelidikan. Polisi memastikan bahwa perempuan tersebut telah meninggal dunia di tempat.

Dilansir dari Apple Daily, menjelang malam Tahun Baru Imlek, majikan di Hong Kong sering meminta pekerjanya untuk membersihkan setiap inci rumahnya. Kecelakaan kerja seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya, beberapa orang tidak sengaja terjatuh dari gedung dan meninggal dunia, saat mereka diminta untuk membersihkan jendela.

Departemen tenaga kerja di Hong Kong telah mengesahkan aturan pekerja hanya dibolehkan membersihkan jendela yang berada di lantai dasar, jendela yang berada di teras atau memiliki balkon dan pekerja boleh membersihkan jendela dengan ketentuan : jendela harus dipasang dengan terali besi yang terkunci dengan jaminan keamanan, saat membersihkan jendela harus ada majikan atau orang dewasa perwakilan dari majikan yang mengawasi pekerja saat membersihkan jendela, dan ketika membersihkan jendela bagian tubuh tidak boleh keluar dari jendela, jadi hanya bagian tangannya saja yang boleh berada di luar jendela.

Beberapa ahli housekeeping percaya, bahwa kecelakaan sering kali disebabkan oleh kelalaian, dan mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan keselamatan, dan memperhatikan dua aturan keselamatan tersebut. Sejak Senin 14 November 2016 lalu, Departemen Tenaga Kerja Hong Kong secara resmi mengumumkan aturan pelarangan membersihkan jendela. Aturan ini telah dicantumkan ke dalam standar kontrak kerja. Jika masih ada majikan yang menyuruh bersihkan kaca jendela di gedung yang tinggi pekerja berhak menolaknya.

Namun jika pekerja terpaksa harus membersihkan jendela, dalam situasi apa pun pekerja tidak boleh megeluarkan bagian tubuh lain keluar jendela, atau tidak boleh bertumpu pada bingkai jendela atau kisi-kisi jendela. Pekerja juga diminta untuk jangan pernah berdiri di atas bangku untuk membersihkan jendela, atau bahkan memanjat keluar jendela dan berdiri di kanopi atau palung bunga kecil di dinding luar.

Pekerja juga perlu mengkomunikasikan kepada majikan untuk membelikan alat pembersih jendela seperti “tongkat yang bisa ditarik”. Atau mengunakan “robot pembersih jendela” yang telah muncul di pasaran dalam beberapa tahun terakhir. “Robot” ini biasanya dilengkapi dengan komponen tali pengaman dan mangkuk pengisap khusus anti jatuh. Mereka juga memiliki sistem satu daya cadangan, bahkan jika daya dilepas, Robot juga dapat terus teradsorpsi di permukaan kaca selama lebih dari sepuluh menit untuk memastikan keamanan, dan ada berbagai fungsi pembersihan jendela yang dapat dipilih, yang dapat membersihkan kaca jendela dalam waktu singkat, tetapi harganya bisa melebihi 4.000 yuan.

Comment

News Feed