by

Mulai Tahun Depan Hari Libur PRT Migran Bertambah 1 Hari

Mulai tahun depan Statutory Holiday atau hari libur resmi yang merupakan hak libur pekerja rumah tangga (PRT) migran akan bertambah dari yang sebelumnya 12 hari dalam satu tahun menjadi 13 hari dalam satu tahun. Tambahan satu hari libur tersebut jatuh pada hari ulang tahun Buddha, Rabu (13/1/2021).

Sebelumnya diberitakan pemerintah telah mengusulkan untuk meningkatkan jumlah hari libur resmi di Hong Kong dari 12 menjadi 17 hari dalam waktu 8 tahun, dengan cara menambahkan satu hari libur resmi setiap dua tahun sekali.

Dilansir The Standard, upaya pemerintah tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan rencana untuk menyelaraskan jumlah hari libur resmi (statutory holiday) dengan hari libur umum (public holiday) sebelum tahun 2030.

Menurut perkiraan pemerintah, untuk setiap hari libur resmi yang ditambahkan, perusahaan dan para majikan mungkin akan menghadapi potensi biaya tambahan sebesar HK$ 630 juta, tetapi langkah tersebut akan menguntungkan sekitar 1,2 juta – hingga 40 persen dari jumlah tenaga kerja Hong Kong.

Menurut laporan, pihak berwenang berencana menjadikan Hari Lahir Buddha sebagai hari yang pertama ditambahkan sebagai hari libur resmi tambahan.

Dengan tambahan 1 hari libur baru di bulan Mei, maka akan memberikan cukup waktu bagi majikan, termasuk mereka yang mempekerjakan PRT Migran untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk penyesuaian.

Pihak berwenang juga mengatakan tidak ada banyak perselisihan di antara perwakilan Dewan Penasihat Tenaga Kerja dalam bahasan mengenai langkah baru tersebut yang akan mereka ajukan dalam bentuk RUU ke pemerintahan Hong Kong saat ini.

Untuk saat ini, total jumlah hari libur resmi ada 12 hari, sedangkan total jumlah hari libur umum ada 17 hari. Artinya masih ada selisih lima hari antara libur umum dan hari libur resmi. Menurut rencana, setelah hari ulang tahun Buddha, hari Jumat Agung, hari setelah Jumat Agung, Senin Paskah, dan hari kerja pertama setelah Hari Natal juga akan ditambahkan menjadi hari libur resmi.

News Feed