by

Law : ‘Penguncian’ PRT Migran di Hari Libur Untuk Mencegah Infeksi Itu Diskriminatif

-Berita-2,347 views

Sekretaris Perburuhan dan Kesejahteraan Law Chi-Kwong mengatakan bahwa melarang pekerja rumah tangga (PRT) Migran di Hong Kong untuk keluar rumah dan melakukan pertemuan pada hari Minggu (hari libur) mereka untuk mencegah infeksi Covid-19 adalah tidak pantas, dan merupakan tindakan diskriminatif, Rabu (13/1/2021).

Dilansir The Standard, pernyataan Law tersebut untuk menanggapi usulan dan kekhawatiran anggota parlemen bahwa berkumpulnya PRT Migran di hari Minggu dapat menimbulkan ancaman kesehatan bagi Hong Kong.

Sebelumnya anggota parlemen Elizabeth Quat Pui-fan dari Aliansi Demokratik untuk Perbaikan dan Kemajuan Hong Kong mempertanyakan bahwa pihak berwenang tidak berbuat cukup banyak dalam menahan risiko infeksi dari kelompok pekerja rumah tangga.

“Pemerintah hanya meminta majikan para pekerja untuk mendiskusikan pengaturan hari istirahat dengan mereka, pihak berwenang seharusnya menerapkan ‘perintah penguncian hari libur’ untuk menekan infeksi yang disebabkan oleh kelompok pekerja rumah tangga,” kata Quat.

Sekretaris ketenagakerjaan dan kesejahteraan mengatakan meskipun Hong Kong sejauh ini telah menangani lebih dari 400 kasus yang melibatkan pekerja rumah tangga, menerapkan tindakan penguncian terhadap PRT migran merupakan tindakan diskriminatif.

“Secara moral juga tidak dapat diterima/ tidak pantas untuk ‘mengunci’ pekerja rumah tangga di tempat kerja mereka atau melarang mereka pergi ke luar ruangan,” imbuh Law.

News Feed