by

Pemerintah HK Akan Menaikkan Denda Bagi Pelanggar Aturan ‘Jaga Jarak’ Menjadi HK$10.000

Pemerintah Hong Kong sedang mempertimbangkan untuk menaikkan denda bagi orang-orang yang melanggar peraturan jaga jarak dan larangan berkumpul lebih dari 2 orang dari HK$ 2.000 menjadi HK$ 10.000, Kamis (3/12/2020).

Dilansir dari RTHK, seorang ahli penyakit menular Dr Leung Chi-chiu mengatakan bahwa rencana pemerintah untuk menaikkan denda secara substansial dari HK$ 2.000 menjadi HK$ 10.000, bagi orang-orang yang melanggar aturan protokol kesehatan dirasa tidak adil bagi penduduk yang berpenghasilan rendah.

Leung mengatakan, dengan kesenjangan sosial yang tidak merata di Hong Kong, mereka yang berasal dari kelompok berpenghasilan rendah akan merasakan tekanan terutama jika denda ditetapkan terlalu tinggi.

“Dua ribu dolar mungkin bukan jumlah yang kecil untuk segmen masyarakat kita yang berpenghasilan rendah, terutama untuk pekerja rumah tangga (migran) kita. Jika kita meningkatkan jumlahnya ke tingkat yang sangat tinggi, sehingga mereka tidak dapat membayar, mungkin ada pertanyaan apakah kita adil kepada mereka atau tidak, karena mereka akan dituntut secara selektif,” ujar Leung.

Menurut Leung, daripada menaikkan denda yang yang akan membuat penduduk berpenghasilan rendah terpuruk, dia mengatakan kunci utamanya adalah memperkuat penegakan hukum, terutama kepada pemilik usaha yang banyak melanggar aturan begitu petugas inspeksi pergi dari lokasi patroli.

“Saya pikir penting bagi kita, untuk lebih menegakkan hukum dengan ketat. Jika pada tahap ini kita masih tetap menemukan pelanggaran, dan orang-orang masih berkumpul melebihi aturan yang ditetapkan pemerintah berarti mereka berniat melawan hukum, dalam hal itu saya pikir mungkin ada alasan yang lebih baik untuk menaikkan level denda,” jelas Leung.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Casper Tsui mengatakan, pemerintah akan meningkatkan penegakan hukum dalam beberapa minggu mendatang. Dia juga mengatakan kepada program radio RTHK bahwa pihaknya berharap denda yang lebih tinggi akan menghalangi masyarakat untuk melanggar aturan, daripada petugas harus menegakkan hukum.

News Feed