by

Tes COVID-19 Gratis Untuk PRT Migran yang Menunggu Majikan Baru Masih Tersedia

Departemen Tenaga Kerja (LD) mengumumkan pada Jumat (27/11) bahwa layanan pengujian COVID-19 gratis akan terus disediakan mulai 1 Desember hingga 24 Desember 2020, untuk para pekerja rumah tangga (PRT) migran yang sedang menunggu untuk bergabung dengan keluarga majikan baru mereka, Sabtu (28/11/2020).

“Dari 25 Agustus hingga 21 November, pemerintah telah menyediakan dua putaran layanan pengujian COVID-19 gratis untuk PRT migran, yang kontrak kerja sebelumnya telah habis atau telah diputus, dan yang menunggu untuk bergabung dengan keluarga majikan baru. Kami sangat menganjurkan PRT migran yang tinggal di fasilitas asrama sambil menunggu untuk berganti majikan, untuk secara aktif berpartisipasi dalam pengujian gratis untuk menjaga kesehatan mereka. Jika PRT migran tinggal di fasilitas asrama untuk jangka waktu yang lama sambil menunggu untuk berganti majikan, ia dapat mengikuti kembali tes yang sesuai, terutama sebelum bergabung dengan keluarga majikan baru,” jelas seorang juru bicara LD.

Pihak LD juga telah meminta bantuan aktif agen tenaga kerja dalam mengatur PRT migran untuk mengumpulkan spesimen paket pengumpulan di tempat distribusi, atau dilokasi pengumpulan sementara dan mengembalikan spesimen untuk pengujian. Jurubicara itu juga menyarankan kepada para majikan yang akan mempekerjakan PRT migran, untuk memeriksa apakah mereka telah memiliki hasil tes negatif Covid-19 sebelum bergabung dan bekerja ditempat baru.

“bagi PRT migran yang memenuhi syarat dapat, mulai dari 1 Desember, mengumpulkan dan mengembalikan paket pengumpulan spesimen di titik distribusi, atau pengumpulan sementara yang terletak di Wan Chai Sports Ground (dekat Gerbang 1), 20 Tonnochy Road, Wan Chai. Tidak diperlukan janji sebelumnya. Titik distribusi atau pengambilan sementara akan dibuka mulai pukul 11.00 hingga 16.00 dari Senin hingga Sabtu. Hari terakhir pendistribusian paket koleksi spesimen jatuh pada tanggal 23 Desember, dan hari terakhir pengembalian spesimen adalah 24 Desember,” tambah jurubicara LD.

Saat mendistribusikan paket koleksi spesimen, petugas jaga akan meminta informasi sederhana mengenai kelayakan PRT migran untuk layanan pengujian, dengan cara menperlihatkan nomor kartu identitas Hong Kong atau nomor paspor, nomor referensi dan batas tinggal seperti yang tertera pada visa terbaru yang dikeluarkan oleh Departemen Imigrasi (ImmD), atau nomor referensi tanggal aplikasi untuk visa dan perpanjangan tinggal sebagai pengunjung seperti yang ditunjukkan pada dokumen yang dikeluarkan oleh ImmD.

Menurut LD, PRT migran harus membawa dokumen terkait untuk kelancaran proses verifikasi identitas. Pengaju akan diminta agar menandatangani formulir persetujuan untuk memberikan persetujuan mengikuti tes, dan mengkonfirmasi kelayakannya mengikuti layanan pengujian. Setelah mengumpulkan paket pengambilan spesimen, PRT migran diminta untuk mendaftarkan informasi pribadinya di situs web pemerintah (www.tgptest.gov.hk, silakan pilih “Staf Non-Pemerintah – PRT migran yang menunggu untuk bergabung dengan keluarga majikan baru” ) untuk menerima pemberitahuan SMS tentang hasil pengujian. Jika perlu, petugas jaga dapat membantu PRT migran dalam pendaftaran. PRT migran harus mengambil sendiri spesimen saliva tenggorokan dalam dan mengembalikannya ke tempat pengambilan sementara pada hari yang sama dengan pengambilan sendiri.

Badan penguji akan mengirimkan spesimen ke laboratorium untuk diuji. Badan penguji tidak akan memperoleh atau menyimpan informasi pribadi apa pun dari peserta. Peserta akan diberi tahu tentang hasil tes negatif melalui SMS. Kasus positif akan dirujuk ke Pusat Perlindungan Kesehatan Departemen Kesehatan (DH) untuk ditindaklanjuti dan DH akan menghubungi peserta terkait jika dipastikan sebagai kasus infeksi.

News Feed