by

Hari Liburan Resmi PRT Migran di Hong Kong Akan Bertambah Satu Hari

Pemerintah Hong Kong berencana akan menambahkan satu hari libur resmi atau statutory holiday setiap dua tahun sekali untuk para pekerja rumah tangga (PRT) migran, dan libur tambahan tersebut akan jatuh pada hari libur umum atau general holiday yang saat ini tidak menjadi hak PRT migran, Kamis (15/10/2020).

Dilansir dari laman resminya pemerintah telah membuat pengumuman pada pertemuan Dewan Penasihat Tenaga Kerja (LAB) pada hari Rabu (14/10). Seperti dikatakan Kepala Eksekutif Carrie Lam pada bulan Januari lalu, liburan tambahan akan menjadi salah satu dari 10 inisiatif untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat. Inisiatif yang diumumkan oleh CE Lam tersebut dianggap sebagai upaya meningkatkan secara bertahap jumlah hari libur resmi sehingga akan setara dengan hari libur umum.

“Pemerintah berterima kasih kepada anggota [dewan] karena telah melakukan diskusi jujur ​​tentang proposal untuk meningkatkan jumlah hari libur resmi secara progresif. Kami telah memperoleh pemahaman menyeluruh tentang proposal melalui pertemuan hari ini, dan akan berkonsultasi dengan perdagangan dan organisasi yang mereka wakili nanti,” jelas jurubicara pemerintah.

Pemerintah juga mengatakan akan mengadakan pertemuan dewan lebih lanjut, yang terdiri dari perwakilan majikan dan PRT migran sebelum membawa masalah tersebut ke panel tenaga kerja Dewan Legislatif pada bulan Januari mendatang. CE Lam berharap untuk dapat memperkenalkan undang-undang baru tersebut tahun depan, dan menambahkan hari libur pertama pada tahun 2022 mendatang.

Selama ini menurut Employment Ordinance (EO) (Cap. 57) terdapat 12 hari libur nasional yang dibayar setiap setahun terutama bagi para pekerja kerah biru atau pekerja kontrak yang kontraknya sudah berlaku tidak kurang dari 3 bulan, termasuk tanggal-tanggal seperti liburan Tahun Baru Imlek tiga hari dan Hari Natal atau Titik Balik Matahari Musim Dingin.

Sedangkan hari libur umum untuk kalangan professional atau pekerja kerah putih seperti perbankan dan pemerintahan, menerima 17 hari libur nasional yang dibayar termasuk tiga hari saat Paskah, Hari Lahir Buddha, biasanya di bulan Mei, dan Boxing Day.

Comment

News Feed