by

HelperChoice: Rata-rata Gaji PRT Migran Mencapai HK$5.000, Tapi Masih Jauh dari Ekspektasi

Menurut hasil penelitian HelperChoice, rata-rata gaji sebulan pekerja rumah tangga (PRT) migran di Hong Kong melebihi HK$ 5.000, mengalami kenaikan jumlah sebesar 1,35 persen dibanding tahun lalu, Rabu (14/10/2020).

Dilansir dari The Standard, kenaikan gaji terbesar tercatat di Distrik Utara, di mana rata-rata gaji meningkat 8,7 persen menjadi HK $ 5.188. Menurut data tersebut tahun ini majikan di daerah Wan Chai banyak yang menawarkan gaji rata-rata sebesar HK $ 5,533 kepada PRT migran mereka.

Platform rekrutmen HelperChoice menganalisis data lebih dari 10.000 iklan pekerjaan yang diposting di platformnya antara September 2019 sampai bulan lalu. Ditemukan bahwa PRT migran telah menghasilkan gaji rata-rata HK $ 5.012 perbulan pada tahun ini, yang berarti naik 1,35 persen dari tahun sebelumnya.

Tetapi platform tersebut juga mencatat bahwa tingkat kenaikan lebih lambat tahun ini dibandingkan dengan kenaikan 3,05 persen pada tahun 2018 ke 2019. Selain itu juga ditemukan bahwa gaji rata-rata yang ditawarkan saat ini berkisar HK $ 5.012, yang dirasa masih jauh untuk memenuhi gaji rata-rata yang diharapkan oleh PRT migran .

Menurut pengakuan HelperChoice, PRT migran yang bekerja di distrik Wan Chai, Southern, North, Central dan Western, dan Sai Kung memperoleh upah tertinggi tahun ini.

“Pekerja rumah tangga asing mungkin mengharapkan gaji rata-rata HK $ 5.257 di daerah ini, dengan beberapa majikan menawarkan hingga HK $ 10.000 per bulan,” kata HelperChoice.

Pulau-pulau terpencil, yang menawarkan gaji tertinggi kelima tahun lalu, tidak termasuk dalam wilayah gaji tertinggi tahun ini. Distrik Utara menjadi peringkat ketiga tertinggi dengan peningkatan 8,7 persen dari 2019.

“Di sisi lain, lima distrik yang menawarkan gaji terendah tahun ini adalah Kwun Tong, Sha Tin, Sham Shui Po, Wong Tai Sin dan Kwai Tsing. Majikan di area ini menawarkan gaji rata-rata HK $ 4,726,” tambah HelperChoice.

Comment

News Feed