by

PRT Migran yang Jelang Finish Contract atau Sedang Mencari Majikan, Bisa Eksten Visa Untuk Perpanjangan Masa Tinggal

Pemerintah Hong Kong melalui Departemen Tenaga Kerja (LD) pada hari Rabu (30/9) mengumumkan melalui laman resminya, pekerja rumah tangga (PRT) migran yang kontraknya akan berakhir sebelum 31 Desember 2020, bisa memperpanjang masa kerja mereka hingga 31 Januari 2021, sesuai dalam Klausul 2 pada Standar Kontrak Kerja asalkan variasi tersebut telah disepakati bersama oleh majikan dan PRT migran, Jumat (2/10/2020).

Menurut LD, keputusan pemerintah itu diambil setelah melihat perkembangan situasi pandemi Covid-19 yang masih belum terkontrol. Sebelumnya pengaturan fleksibilitas telah diumumkan pada 4 Februari (www.info.gov.hk/gia/general/202002/04/P2020020400547.htm), dan kembali diumumkan pada 19 Maret (www.info.gov.hk/gia/general/202003/19/P2020031900394. htm), kemudian pada 30 Juni (www.info.gov.hk/gia/general/202006/30/P2020062900892.htm).

Seperti yang dituliskan LD, pengaturan fleksibilitas tersebut bertujuan untuk membantu para majikan yang kontraknya dengan PRT migran akan segera berakhir, tetapi berada dalam situasi di mana pekerjanya yang baru akan dipekerjakan tidak dapat terbang untuk memulai kontrak baru. Jika kontrak kerja dengan PRT migran tersebut telah diperpanjang berdasarkan pengaturan fleksibilitas yang diumumkan pada 4 Februari, 19 Maret atau 30 Juni, majikan dengan persetujuan pekerjanya dapat mengajukan aplikasi ke Departemen Imigrasi (ImmD) untuk memperpanjang masa kerja dan batas masa tinggal PRT migran sampai 31 Januari 2021.

LD juga memberikan perpanjangan batas tinggal sebagai pengunjung, seperti yang telah diumumkan oleh pemerintah pada 21 Maret (www.info.gov.hk/gia/general/202003/21/P2020032000829.htm), dan 30 Juni (www.info.gov.hk/gia/general/202006/30/P2020062900892 .htm), PRT migran yang mengajukan aplikasi untuk memperpanjang batas tinggal mereka, pemerintah mengatakan akan mempertimbangkan pengunjung secara fleksibel. Sedangkan PRT migran yang kontraknya akan kedaluwarsa atau diakhiri pada sebelum 31 Desember 2020, dapat mengajukan permohonan kepada ImmD untuk perpanjangan batas tinggal di Hong Kong (untuk jangka waktu maksimum satu bulan) sebagai pengunjung dengan tujuan untuk mencari majikan baru di Hong Kong, jika mereka tidak dapat kembali ke negara asalnya karena terkena efek Covid-19 atau dikarenakan pembatasan perjalanan internasional.

PRT migran yang telah memperpanjang batas tinggalnya sebagai pengunjung di Hong Kong di bawah pengaturan fleksibilitas yang diumumkan pada 21 Maret dan 30 Juni, dapat mengajukan aplikasi ke ImmD untuk memperpanjang lebih lanjut batas tinggalnya sebagai pengunjung yang bertujuan mencari majikan baru di Hong Kong jika masih belum berhasil menemukannya. Menurut LD, tanpa mengurangi prinsip menjaga dari penyalahgunaan fleksibilitas tersebut, ImmD akan menerapkan kebijaksanaan untuk memberikan PRT migran perpanjangan batas tinggal sebagai pengunjung dalam jangka waktu maksimum satu bulan tergantung pada kelayakan kasus setiap individu.

ImmD telah mempercepat pemrosesan aplikasi visa kerja yang diajukan oleh PRT migran yang berada di Hong Kong, terutama aplikasi untuk pergantian majikan dari mereka yang kontrak kerjanya telah berakhir secara normal. Pada saat yang sama, untuk memerangi penyalahgunaan fleksibilitas dalam berganti majikan melalui pengaturan pada pemutusan kontrak prematur (umumnya dikenal sebagai “job-hopping”), ImmD akan menilai kasus dari individu yang mengajukan aplikasi terlebih dahulu kemudian meneliti secara detail, misalnya tentang alasan pemutusan kontrak prematur mereka dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Untuk kasus-kasus yang dicurigai sebagai “job-hopping”, ImmD akan menolak aplikasi visa kerja dan meminta pelamar untuk meninggalkan Hong Kong.

Dalam pengumuman tersebut LD juga menyampaikan tentang penangguhan cuti rumah berdasarkan mekanisme yang berlaku, PRT migran yang melanjutkan kerjanya pada majikan yang sama, atau akan memulai kontrak baru dengan majikan baru setelah kontrak yang sekarang akan berakhir, dapat mengajukan permohonan kepada ImmD untuk menangguhkan cuti rumah selama tidak lebih dari satu tahun setelah kontrak yang ada berakhir, namun tetap atas persetujuan dari majikan barunya.

Seperti yang telah diumumkan oleh pemerintah pada 21 Maret (www.info.gov.hk/gia/general/202003/21/P2020032000829.htm), dan 30 Juni (www.info.gov.hk/gia/general/202006/30/P2020062900892 .htm), PRT migran yang sebelumnya telah disetujui untuk menunda cuti rumah setelah kontrak baru mereka dimulai, tetapi perlu menunda cuti rumah lebih lanjut dapat mengajukan permohonan ke ImmD untuk perpanjangan lebih lanjut dari batas tinggal, namun tetap harus dengan kesepakatan bersama majikan mereka .

Mengingat situasi terkini pandemi COVID-19, PRT migran yang masih tidak dapat kembali ke negara asalnya untuk cuti dalam batas waktu tinggal mereka saat ini dapat terus mengajukan permohonan ke ImmD untuk perpanjangan batas tinggal. Jika PRT migran tersebut telah diberikan perpanjangan izin tinggal lebih lanjut sesuai dengan paragraf sebelumnya (yaitu total perpanjangan batas jumlah tinggal tidak lebih dari 21 bulan) ingin menunda lebih lanjut cuti mereka, ImmD akan pertimbangkan untuk menerapkan kebijaksanaan perpanjangan lebih lanjut dari batas tinggal tidak lebih dari tiga bulan.

Pengajuan aplikasi untuk perpanjangan kontrak berdasarkan pengaturan yang berlaku, aplikasi untuk perpanjangan kontrak dengan majikan yang sama setelah penyelesaian kontrak dua tahun, biasanya akan diterima dalam waktu delapan minggu sebelum berakhirnya kontrak yang ada. Untuk PRT migran yang mengajukan perpanjangan lebih lanjut dari batas tinggal di bawah ukuran fleksibilitas “penangguhan cuti rumah” yang disebutkan di atas dan jika disetujui, dan kontrak yang ada akan berakhir pada waktu yang sama, mereka dapat mengajukan aplikasi untuk “penangguhan cuti rumah” dan perpanjangan kontrak dengan majikan yang sama ke ImmD sekaligus.

ImmD akan memberlakukan langkah fasilitasi lebih lanjut, dengan mempertimbangkan untuk memajukan pemrosesan permohonan perpanjangan kontrak. Meskipun demikian, majikan diingatkan bahwa mereka harus mengatur jadwal agar PRT mereka kembali ke tempat asalnya untuk berlibur dalam batas perpanjangan masa tinggal mereka. LD mengatakan, jika terdapat pertanyaan lebih lanjut, PRT migran bisa menghubungi ImmD dengan menelepon hotline pertanyaan di 2824 6111 atau melalui email ke enquiry@immd.gov.hk.

News Feed