by

Dua Tahun Tak Digaji, Seorang PRT Migran Asal Tasikmalaya Berhasil Dipulangkan

Leli Nurlila, seorang Pekerja Rumah Tangga (PRT) Migran Indonesia asal Tasikmalaya berhasil dipulangkan ke Indonesia setelah dua tahun bekerja di Malaysia tanpa digaji oleh majikannya, Senin, (28/9/2020).

Dikutip dari Kompas, sebelum mulai bekerja di rumah majikannya, semua identitas dan alat komunikasi berupa ponsel milik Leli ditahan agen sehingga selama dua tahun bekerja Leli tidak dapat menghubungi keluarganya.

Dalam pengakuannya, Leli mengatakan bahwa alasan dirinya tidak boleh menggunakan ponsel yaitu majikannya takut kalau Leli kabur. Sementara untuk gaji yang yang belum dibayar, majikannya mengatakan akan mentransfer gaji Leli setelah Leli sampai di kampung halamannya.

Setelah kontrak kerja dua tahun habis, ponsel Leli dikembalikan oleh majikannya dan majikan meminta Leli untuk bekerja di rumahnya untuk enam bulan lagi dan mengatakan akan memproses surat permit resmi untuk Leli.

Dengan ponselnya, Leli kemudian baru bisa menghubungi keluarganya kembali dan Leli pun membuat video yang isinya tentang keinginnya untuk pulang ke Indonesia setelah dua tahun bekerja di Malaysia sebagai PRT Migran yang tanpa digaji oleh majikannya. Video tersebut dilaporkan ke KJRI Malaysia.

Berdasarkan video Leli yang diterima oleh KJRI, akhirnya KJRI bersama BP2MI melakukan penjemputan paksa kepada Leli dari rumah majikannya.

Leli dipulangkan kembali ke Indonesia melalui perbatasan Kalimantan Barat hingga diantar sampai ke kampung halamannya.

Selama bekerja Leli sering dimarahi oleh majikannya hingga pernah disuruh tidur di luar rumah selama seminggu akibat lupa mengunci pintu. Leli juga mengungkapkan bahwa ini adalah pengalaman pahitnya bekerja di luar negeri tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi selama bekerja, hanya karena diiming-imingi gaji tinggi.

Saat ini hak- hak untuk Leli sedang ditangani oleh KJRI Malaysia.

News Feed