by

Akibat Badai Tropis Noul, Pohon Tumbang Sebabkan Dua Orang Terluka

Badai tropis Noul yang mendekati area Vietnam sempat membuat wilayah Hong Kong diguyur hujan deras yang disertai petir pada hari Kamis (17/9) kemarin, mengakibatkan pohon setinggi 10 meter tumbang menghantam tiga kendaraan di Pok Fu Lam dan sebabkan dua orang korban terluka, Jumat (18/9/2020).

Dilansir dari The Standards, seorang penumpang bus berusia 60 tahun yang diketahui bernama Hung, dan seorang sopir taksi berusia 40 tahun, dengan nama panggilan Lee, dikirim ke Rumah Sakit Queen Mary untuk perawatan setelah mengalami luka ringan.

Kecelakaan itu terjadi pada pukul 7.15 pagi kemarin, ketika batang pohon selebar satu meter tiba-tiba tumbang dan jatuh dari lereng, mendarat di Jalan Pok Fu Lam. Sebabkan tiga kendaraan, termasuk bus rute 970, minibus rute 28, dan taksi, kaca depannya pecah, dan minibus penyok di bagian depan dan belakangnya.

Pengemudi minibus berusia 69 tahun, Lo, mengatakan bahwa dia ketakutan dan tidak tahu apa yang terjadi ketika dia mendengar bunyi keras saat mengemudi, tetapi dia kemudian melihat kaca depan dan jendela belakangnya pecah. Saat itu, ada dua penumpang di dalam kendaraan, tetapi tidak ada yang terluka.

Namun malangnya, bus rute 970 Cyberport menabrak pohon yang tumbang, karena tidak dapat berhenti tepat waktu.

“Saya angkat kaki saya dari pedal gas ketika saya melihat bayangan hitam jatuh. Saya mengemudi dengan lambat, bisa jadi jika saya mengemudi lebih cepat, saya mungkin akan terluka parah karena mengalami kecelakaan fatal, karena bus yang saya kemudikan sedang penuh dengan penumpang,” jelas pengemudi yang dikutip dari The Standards.

Penumpang di tiga kendaraan tersebut pergi dengan berjalan kaki, termasuk seorang perempuan staf Rumah Sakit Queen Mary bernama Kong. Dia bilang butuh setengah jam untuk berjalan ke tempat kerja.

Hong Kong Observatorium (HKO) sempat mengatakan pada hari Rabu (16/9) bahwa sinyal siaga No 1 mungkin akan diterapkan untuk hari Kamis karena badai tropis Noul, namun hal itu tidak terjadi.

“Ancaman langsung [Noul] ke Hong Kong tidak tinggi. Peluang mengeluarkan sinyal peringatan topan tropis relatif rendah. Akan ada angin kencang sesekali di atas perairan lepas pantai dan di dataran tinggi hari ini,” jelas jurubicara HKO.

Menurut jurubicara HKO, Observatorium mencatat bahwa Noul mengadopsi jalur barat dan mengitari sekitar 800 kilometer barat daya Hong Kong tadi malam. Noul akan bergerak ke arah Vietnam tengah karena musim timur laut mempengaruhi pantai Cina selatan secara bertahap.

Ditambahkan bahwa Hong Kong dapat memperkirakan cuaca berangin hari ini dengan curah hujan yang meningkat secara bertahap, dengan badai petir dan gelombang besar.

“Tekanan rendah yang luas diperkirakan akan terus membawa hujan ke pantai China selatan selama akhir pekan dan awal pekan depan,” tambahnya.

News Feed