by

Pembatasan Restoran dan Bioskop Akan Dilonggarkan Mulai Hari Jumat

Pemerintah Hong Kong telah mengumumkan bahwa mulai Jumat (28/8) nanti, restoran akan diizinkan memberi layanan makan di tempat sampai pukul 9 malam, dan tempat hiburan lainya seperti bioskop akan dibuka kembali, Selasa (25/8/2020).

Menteri Kesehatan Sophia Chan mengatakan kepada awak media, bahwa salon kecantikan dan beberapa tempat olahraga luar ruangan juga akan dibuka kembali, karena menurut dia jumlah kasus virus korona tampaknya sudah berkurang di Hong Kong.

Dilansir dari RTHK, Hong Kong sempat  mengalami lonjakan tajam dalam jumlah infeksi virus korona sejak minggu pertama bulan Juli, yang mendorong pemerintah untuk memberlakukan sejumlah pembatasan yang ketat, termasuk larangan pertemuan yang melibatkan lebih dari dua orang.

Restoran di seluruh kota masih dibatasi untuk  menyediakan tempat makan, mereka hanya diperbolehkan memberi layanan bawa pulang setelah jam 6 sore, namun akan segera diizinkan untuk menyediakan layanan makan ditempat sampai jam 9 malam mulai dari hari Jumat nanti.

“Karena itu, mengingat … situasi normal baru dan juga situasi epidemi baru-baru ini, kami merasa bahwa kami dapat memperpanjang [layanan makan] beberapa jam. Dan mengapa jam 9 malam dan bukan jam 10, bukan jam 11, saya pikir itu karena kami ingin mempersingkat waktu yang dipakai masyarakat untuk memakai masker, namun tetap menyeimbangkannya dengan kebutuhan penduduk kota,” jelas Chan.

”batasan berkumpul lebih dari dua orang akan tetap diterapkan, dengan penggunaan alasan yang sama, kami tidak ingin terlalu banyak orang berkumpul bersama saat mereka melepas masker,” tambah Chan.

Chan juga menyampaikan, orang-orang yang berolahraga di luar ruangan juga akan dibebaskan dari aturan yang mewajibkan penggunaan masker wajah, dan aturan wajib pemakaian masker bagi para pendaki gunung juga akan dilonggarkan. Dinas kesehatan juga mengingatkan penduduk kota bahwa penting diingat bahwa virus masih beredar di masyarakat.

“Ketika orang mencoba keluar dan melanjutkan beberapa aktivitas ini … mereka juga harus berhati-hati. Pembatasan saat ini akan berlaku selama dua hari lagi dan rincian peraturan baru di setiap sektor akan diumumkan di kemudian hari,” kata Chan.

News Feed