by

Test Covid-19 Gratis untuk PRT Migran Mewajibkan Registrasi Melalui Telepon

Departemen Tenaga Kerja (LD) Hong Kong melalui siaran media mengumumkan pendaftaran test Covid-19 gratis untuk Pekerja Rumah Tangga (PRT) Migran dibuka per hari ini, Senin, 24 Agustus. Test Covid-19 gratis secara sukarela tersebut berlaku hanya untuk PRT Migran yang kontrak kerja sebelumnya telah habis (finish contract) atau telah putus kontrak (break contract dan terminate) dan yang sedang menunggu visa baru di asrama agensi/ tempat kos.

Bagi PRT Migran yang ingin mengikuti Test Covid-19 gratis diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dulu via nomor telepon 1836 133 yang aktif mulai pukul 09.00 hingga 21.00. PRT Migran yang datang langsung tanpa mendaftar tidak akan dilayani.

Pada saat pendaftaran, petugas yang menerima telepon akan menanyakan dan mencatat nama, nomor Kartu Identitas Hong Kong dan / atau nomor paspor dan nomor telepon seluler PRT Migran. Selain itu melalui telepon, petugas jaga akan meminta informasi sederhana mengenai kelayakan PRT Migran untuk layanan pengujian, misalnya: nomor referensi dan batas tinggal seperti yang tertera pada visa terakhir yang dikeluarkan oleh Departemen Imigrasi (ImmD), atau nomor referensi / tanggal aplikasi visa / perpanjangan tinggal sebagai pengunjung seperti yang ditunjukkan pada dokumen yang dikeluarkan oleh ImmD, dll.

Oleh karena itu sebelum mendaftar, PRT Migran disarankan untuk mempersiapkan dokumen terkait terlebih dahulu untuk kelancaran pendaftaran. Setelah pendaftaran berhasil, SMS konfirmasi tanggal, waktu dan lokasi pengambilan spesimen akan dikirimkan kepada PRT Migran.

Test gratis akan dilakukan mulai tanggal 25 Agustus hingga 30 September 2020 di Harbour Road Sports Centre, 27 Harbour Road, Wan Chai pada pukul 08.30 pagi hingga jam 8 malam.

Ketika datang melakukan test sesuai waktu yang sudah dijadwalkan, PRT Migran akan diminta untuk menunjukkan Kartu Identitas Hong Kong, paspor, dan konfirmasi janji temu SMS untuk memverifikasi identitasnya serta akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan untuk memberikan persetujuan mengikuti tes dan mengkonfirmasi kelayakannya untuk layanan pengujian.

Badan penguji akan mengumpulkan spesimen dari pusat pengumpulan spesimen dan mengirimkannya ke laboratorium untuk diuji. PRT Migran yang mengikuti test akan diberi tahu hasil tes (terlepas dari positif atau negatif) melalui SMS. Badan penguji juga akan menginformasikan LD nomor seri spesimen dengan hasil tes positif dan kasus yang relevan akan dirujuk oleh LD ke CHP untuk tindak lanjut.

Test Covid-19 gratis di atas tidak berlaku untuk PRT Migran yang sedang atau masih berlaku kontrak kerjanya. Untuk PRT Migran yang masih terikat kontrak kerja dengan majikan diharapkan mengikuti tes COVID-19 bersama warga Hong Kong lainnya yang akan dimulai tanggal 1 September 2020.

News Feed