by

HK Akan Berlakukan Penguncian Wilayah Jika Kasus Covid-19 Mencapai Ratusan Dalam Sehari

Anggota dewan eksekutif dan dokter medis Lam Ching-choi mengatakan dalam sebuah wawancara dengan RTHK pada Selasa (21/7), pemerintah seharusnya mempertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah penangulangan pandemi yang lebih ketat, seperti memberlakukan jam malam atau penutupan total, jika Hong Kong memiliki beberapa ratus kasus Covid-19 setiap harinya, Rabu (22/7/2020).

“Itu semua tergantung pada kecepatan jumlah kasus yang tumbuh dalam beberapa hari terakhir, untuk sementara waktu ini kami melihat data statistik, dan kami masih akan mengikuti jalur pertumbuhan linier, dan bukan eksponensial,” kata Lam yang dikutip dari RTHK.

“Itu berarti jumlah reproduksi atau penularan kira-kira sekitar dua, sebenarnya tidak separah sebelumnya dan ada beberapa tanda yang menunjukkan, bahwa langkah-langkah menjaga jarak sosial yang diberlakukan minggu lalu mulai memiliki beberapa efek,” kata Lam.

Nomor reproduksi dasar, atau Nomor R, mengukur seberapa infeksi suatu penyakit. Jumlah reproduksi dua berarti bahwa setiap orang dengan penyakit ini biasanya menginfeksi dua orang. Angka di bawah satu berarti penyakit ini terkendali. Pada hari Selasa, Hong Kong melaporkan 61 kasus Covid-19 baru, dengan 58 kasus ditransmisikan secara lokal.

Lam mengatakan dia berpikir fasilitas medis masih dapat mengatasi wabah yang sedang berlangsung.

“Saya pikir kita masih memiliki kapasitas. Misalnya, kita masih memasukkan pasien tanpa gejala ke bangsal isolasi kita. Kami juga ada peralatan yang cukup, seperti respirator, untuk merawat pasien yang membutuhkan perawatan kritis,” tambah Lam.

Sementara itu, pertemuan Exco pada hari Rabu ini, diharapkannya untuk dapat membahas proposal yang mengharuskan orang mengenakan masker di tempat umum, meski berada di dalam ruangan. Lam mengatakan dia tidak memiliki perincian tentang hal ini. Namun dia berharap sebagian besar orang untuk mematuhi peraturan tersebut, selama pemerintah dapat menyampaikan pesan yang sangat jelas kepada masyarakat.

News Feed