by

Pengguna Transportasi Umum yang Tidak Memakai Masker Bisa Didenda HK$5000

Warga Hong Kong diwajibkan untuk mengenakan masker di semua angkutan umum dan area berbayar dari stasiun MTR, atau kalau tidak akan ditolak unuk masuk. Jika tidak mematuhi aturan tersebut, pelanggar bisa dikenai denda maksimum sebesar HK $ 5.000, Selasa (14/7/2020).

Selain itu akan ada pengujian atau tes Covid-19 gratis untuk pengemudi taksi dan orang-orang yang bekerja di panti jompo, restoran dan manajemen properti.

“Kami tidak ingin melihat upaya kami sebelumnya sia-sia. Meskipun ada vaksin efektif yang dapat diterapkan secara luas, kita mungkin harus hidup berdampingan dengan virus ini untuk beberapa waktu ke depan,” ujar Carrie Lam yang menambahkan bahwa Penting agar semua warga bersatu melawan virus.

Langkah-langkah baru yang akan efektif mulai tengah malam pada hari Rabu (15/7) dikeluarkan tidak lama setelah Hong Kong mengkonfirmasi 52 kasus tambahan, yang 20 di antaranya memiliki asal yang tidak diketahui. Dengan lonjakan tertinggi dalam satu hari tersebut, Hong Kong mencatat 1.522 kasus yang dikonfirmasi secara total.

Dikutip dari HKFP, tak lama setelah briefing pers harian, Hong Kong mencatat kematian terkait virus korona kedelapan. Kasus tersebut melibatkan seorang pasien wanita berusia 96 tahun yang dipastikan memiliki Covid-19 pada tanggal 9 Juli, yang terkait dengan kasus lokal lainnya. Dia tidak memiliki gejala ketika dirawat di Rumah Sakit Pamela Youde Nethersole Eastern pada 10 Juli, tetapi kondisinya memburuk pada hari berikutnya. Kondisinya terus memburuk sampai dia meninggal sekitar pukul 18:30 pada hari Senin.

Dr Chuang Shuk-kwan, kepala cabang penyakit menular dari Centre for Health Protection, sebelumnya memperingatkan bahwa strategi pelacakan dan isolasi kontak Hong Kong mungkin tidak cukup untuk menutup total wabah, dengan alasan kemungkinan pembawa asimpomatik.

Menurut hasil penelitian Universitas Johns Hopkins,Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di provinsi Hubei di China telah menginfeksi hampir 13 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan setidaknya 569.128 kematian.

News Feed