by

Penipuan Berkedok Investasi Romantis Sebabkan Lansia Kehilangan HK$ 6 juta

Kepolisian Hong Kong sedang mencari seorang pria berumur 60 tahun, karena diduga telah menipu seorang perempuan pensiunan berusia 70 tahun berkedok rencana investasi sebesar HK$ 6 juta. Tersangka merayu korban agar menjalin hubungan romantis bahkan berjanji akan menikahinya, Sabtu (4/7/2020).

Dilansir dari RTHK, pihak polisi mengatakan, korban sebelumnya telah menolak tawaran pinjaman berbunga rendah dari tersangka, yang menghubunginya melalui panggilan telfon pada Juni tahun lalu.

Korban mengatakan tersangka itu sangat pintar merayu, dan akhirnya berhasil membujuk korban untuk berinvestasi dalam proyek konstruksi, yang menjanjikan hasil HK$ 20.000 dalam pengembalian bulanan dari investasi sebesar HK$ 3 juta.

Pihak kepolisian mengatakan korban telah meminjam HK$ 1,5 juta dari bank untuk melakukan pembayarannya. Setelah menerima keuntungan senilai HK$ 120.000 pada bulan September tahun lalu, hubungan bisnis mereka kemudian berubah menjadi ikatan asmara. Korban mengaku tersangka sampai berniat ingin melamarnya.

Selama tiga bulan berikutnya, korban diminta menyerahkan lebih banyak uang untuk berbagai alasan, salah satunya untuk biaya acara pernikahan mereka, dan biaya hukum.

Menurut pihak kepolisian, secara keseluruhan korban ditipu sebesar HK$ 5,9 juta, bahkan korban sampai rela menjual sebagian asetnya untuk memberi tersangka uang tunai. Selama menjalani hubungan bisnis dan asmara, korban mengaku tidak pernah melakukan foto bersama, dan semua transaksi mereka dilakukan secara tunai.

Petugas mengatakan, Tersangka menghilang pada bulan Maret tahun ini dan akhirnya korban menghubungi pihak berwenang pada hari Kamis (2/7).

Sejauh ini, polisi telah menangkap seorang kaki tangan tersangka yang menyewakan ruang kantor di Kwun Tong, dimana tersangka utama telah membawa korban untuk melihat langsung kantor mereka.

News Feed