by

Para Perempuan Diimbau Untuk Berhati-hati di Lokasi Rawan Upskirt

Ruang babycare atau tempat khusus untuk menyusui di pusat perbelanjaan Causeway Bay, di lantai pertama Windsor House dan mal K11 Musea di Tsim Sha Tsui, Tamar Park serta stasiun MTR Nam Cheong dan Austin, menjadi lokasi yang berpotensi sebagai tempat upskirting atau pengambilan gambar video atau foto dari bawah rok perempuan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab, Rabu (24/6/2020).

Dilansir dari The Standard, Aliansi Demokratik untuk  Kemajuan Hong Kong (DAB) juga mencatat Ocean Center, Telford Plaza Phase II, China United Center, Citic Tower dan outlet Starbucks di Elements on Austin Road menjadi tempat-tempat yang memungkinkan upskirting terjadi.

Menurut Aliansi tersebut, lantai reflektif, pintu kaca, pegangan tangan kaca di samping eskalator dan tangga, membuat pelaku yang memiliki kepribadian aneh dan sesat lebih mudah melakukan aksinya, untuk mencuri gambar tidak senonoh dari perempuan yang tidak sadar telah menjadi korban.

Legislator Elizabeth Quat Pui-fan meminta, ruangan yang memiliki pintu tembus pandang terbuat dari kaca buram dan tidak dapat dikunci, atau kusen pintu terbuat dari stainless steel yang dapat memantulkan gambar orang di dalamnya, agar ditambahkan ke dalam daftar perbaikan fasilitas untuk mengurangi resiko upskirting terjadi.

“Banyak ibu akan menyusui bayinya di sana, sehingga privasi dan keamanan mereka harus dijamin.” jelas Quat.

Quat menyarankan bahwa bahan anti-reflektif seperti stiker buram harus digunakan di pintu untuk lebih melindungi pengunjung yang mengunakan fasilitas tersebut.

Manajer Windsor House menjawab bahwa mereka tidak percaya ruangan itu berisiko dijadikan tempat upskirting, dan sejauh ini pihak mereka tidak pernah menerima keluhan tentang insiden seperti itu terjadi.

“Kami telah memeriksa beberapa kali untuk memastikan bahwa setelah pintu ditutup tidak ada yang bisa mengintip ke dalam, dan kami yakin bahwa pintu benar-benar dapat dikunci dari dalam,” kata jurubicara Windsor dalam sebuah pernyataan.

Meski begitu, setelah meminta saran dari staf publik, pihaknya segera memasang strip plastik di kusen pintu dan akan menggunakan stiker di kaca.

Departemen Layanan Hiburan dan Kebudayaan, yang mengelola Tamar Park, mengatakan sejauh ini staf yang bertugas belum menerima keluhan atas fasilitas pegangan kaca. Namun, departemen ini mengatur lebih banyak penjaga keamanan di taman, dan menyeimbangkan kebutuhan orang untuk dapat menikmati pemandangan di Victoria Harbour.

Quat juga menyerukan kepada pemerintah untuk membentuk undang-undang khusus yang menangani upskirting karena kejahatan semacam itu “semakin merajalela” di Hong Kong. Dengan mengutip data dari polisi, DAB mengatakan bahwa 321 kasus telah terjadi pada tahun 2019, terdapat peningkatan yang dilaporkan tahun lalu dibandingkan pada tahun 2018 dengan jumlah kasus mencapai 301.

Sekitar dua dari lima kasus pada tahun 2019 terjadi di transportasi atau di stasiun kereta. Menurut data, ada sekitar 109 contoh kasus terjadi di area MTR.

Orang-orang yang tertangkap mengambil foto upskirt dapat menghadapi dakwaan, seperti pelanggaran kesopanan ditempat umum yang mungkin akan mengarah ke penerbitan materi cabul, dan tidak senonoh jika gambar diposting secara online.

Mereka mungkin juga dapat dituntut dengan pelanggaran hak privacy dan penyalahgunaan komputer dengan maksud tidak jujur, yang sering digunakan untuk menangani kasus kejahatan terkait smartphone.

Comment

News Feed