by

Munculnya 3 Kasus Baru Covid-19 Tidak Halangi Sekolah Untuk Buka

Otoritas setempat hari ini mengkonfirmasi munculnya kembali tiga kasus baru Covid-19 di Tsuen Wan dan menetapkan situasi Hong Kong masih harus waspada. Namun mereka juga mengumumkan tidak akan memberlakukan aturan ketat jaga jarak dan sekolah akan tetap dibuka secara bertahap sesuai jadwalnya per 27 Mei mendatang, Rabu (13/5/2020).

Pada briefing pers hari ini, Sekretaris untuk makanan dan Kesehatan Dr Chui tak-Yi mengatakan sporadis kasus lokal baru tidak dapat dihindari dan ITU menandakan masyarakat harus tetap waspada.

Chui mengatakan sangat penting bagi Hong Kong untuk melakukan yang terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit di masyarakat dan jika seseorang memiliki gejala bahkan yang terlihat ringan sekali pun, mereka harus mengunjungi dokter dan mengambil tes.

Tetapi pada tahap ini, Chui mengatakan tidak perlu untuk kembali memberlakukan aturan ketat tindakan social, seperti penutupan Bar, Pusat kebugaran dan berbagai tempat hiburan.

Dilaporkan RTHK, Sekretaris pendidikan Kevin Yeung juga mengatakan bahwa meskipun infeksi lokal kembali muncul, pemerintah tetap berpegang pada rencana semula untuk mulai membuka kembali sekolah secara bertahap per tanggal 27 Mei.

“Pusat perlindungan kesehatan akan menindaklanjuti setiap kontak dekat dan latar belakang kasus jadi kita harus menunggu untuk melihat hasil penyelidikan sebelum kita memutuskan apakah akan ada dampak yang signifikan pada jadwal kita untuk kembalinya kelas. Pada tahap ini, kami masih mempertahankan jadwal untuk dimulainya kembali kelas akan tetap sama,” kata Yeung seperti dikutip RTHK.

Sementara itu, pejabat kesehatan juga mengumumkan rencana untuk mulai menguji kelompok berisiko tinggi terhadap virus, seperti pekerja bandara dan staf rumah perawatan, meski mereka tidak memiliki gejala apapun akan tetap diperiksa. Tes untuk staf bandara akan dimulai pada hari Jumat, dengan kuota 500 per hari.

News Feed