by

Aku Indonesia Berharap Pemerintah Serius Lindungi PMI di Masa Pandemi

Dalam rangka memperingati hari buruh sedunia, Aliansi Kebangsaan Untuk Indonesia (Aku Indonesia) mengadakan diskusi online dengan mengangkat tema Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada masa Pandemi, Minggu (10/5/2020).

Dalam diskusi interaktif tersebut Aku Indonesia mengundang tiga pembicara, yaitu: Konsul Jenderal RI di Hong Kong Ricky Suhendar, Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah dan Nurul Qoiriah dari ASEAN-Australia counter Trafficking.

Diskusi yang berlangsung selama hampir tiga jam melalui aplikasi zoom diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan organisasi PMI di Hong Kong dan aktivis buruh migran.

Michael Cheng selaku koordinator Aku Indonesia berharap dengan diadakannya diskusi ini bisa menjadi pertimbangan pemerintah untuk membuat peraturan yang melindungi kepentingan PRT Migran.

“Besar harapan kami apa yang disampaikan kawan-kawan menjadi pertimbangan dan perbaikan dalam menyusun peraturan pemerintah untuk lebih serius dalam memberikan perlindungan terhadap PMI,” kata Michael, Senin (11/5/2020).

Michael juga mengungkapkan tujuan dari diskusi adalah untuk memecahkan masalah yang dialami oleh PRT Migran di tengah pandemi covid-19.

Aku Indonesia sendiri adalah aliansi PMI di Hong Kong yang dibentuk pada tahun 2017 yang mempunyai misi untuk menyebarkan nilai-nilai toleransi, cinta tanah air dan keadilan di tanah rantau.

News Feed