by

Jokowi Larang Mudik Lebaran Bagi Semua Warga

Dalam Rapat Terbatas yang dilakukan di Istana Merdeka melalui video conference hari ini, Jokowi memutuskan pelarangan untuk pulang kampung atau mudik di tengah pandemi Covid-19, Selasa (21/4/2020).

“Hari ini saya ingin sampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang,” tutur Jokowi, dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (21/4/2020).

Jokowi mengungkapkan keputusan tersebut diambil untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain itu juga atas dasar kajian dan pendalaman langsung di lapangan serta berhubungan dengan survei yang diadakan
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait dengan pelarangan mudik yang menunjukkan keinginan warga yang ingin balik kampung masih sangat tinggi, yaitu mencapai 24%.

Sementara itu Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Asep Adisaputra, terkait pelarangan pulang kampung yang sudah ditetapkan presiden, Polri dipastikan akan menutup jalan tol pun non tol.

“Ketika nanti ada keputusan dari pemerintah misalnya bahwasanya akan ada sebuah larangan tentunya kita harus membuat suatu ketentuan pada akses-akses keluar Jakarta yang akan ditutup baik di dalam jalan tol maupun non-tol kecuali kendaraan-kendaraan yang mengangkut sembako misalnya, BBM, alat kesehatan dan lainnya yang terkait kepentingan untuk memutus penyebaran COVID-19 ini,” kata Asep, dilansir dari Detik.com, Senin (20/4/2020).

Sebelumnya melalui saluran resmi Sekretaris Presiden secara virtual, pada Kamis, 9 April 2020, pemerintah sudah mengeluarkan aturan tentang pelarangan mudik bagi aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN, dan TNI-Polri.

News Feed