by

Zoom Bisa Jadi Media ‘Berkumpul’ PMI

Wabah virus corona yang melanda dunia dan aturan-aturan baru tidak hanya membatasi libur Pekerja Migran Indonesia (PMI) tapi juga merampas kesempatan berkumpul dan berkomunikasi mereka yang notabene hanya bisa bertemu seminggu sekali.

Akan tetapi, sebagaimana orang-orang lainnya yang bekerja dari rumah, PMI sebenarnya masih bisa berkumpul, tatap muka, ngerumpi, kangen-kangenan dan diskusi serius menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan konferensi video jarak jauh.

Zoom hingga saat ini lebih menjadi pilihan banyak orang karena memberikan layanan video call bersama bisa sampai 100 orang. Meski sebenarnya banyak aplikasi yang bisa menyediakan layanan video call seperti Google Hangouts dan BlueJeans tapi tidak sebanyak pengguna Zoom.

Zoom tidak hanya digunakan untuk komputer tapi bisa juga diinstall di ponsel. Bedanya dengan di komputer, Zoom di ponsel lebih sederhana dan relatif mudah untuk digunakan. Apalagi tab utamanya (Meet & Chat, Meetings, Contacts, dan Settings) diletakkan di bawah.

Dengan berkumpul di Zoom, selain tetap bisa berkumpul dan tidak kesepian, PMI juga aman dari jeratan hukum akibat larangan berkumpul lebih dari 4 orang di tempat publik hingga larangan tersebut tidak berlaku.

News Feed