by

Indonesia Larang Kunjungan dan Transit Bagi WNA

Untuk menekan penyebaran Covid-19 di tanah air, pemerintah mengumumkan akan segera menutup pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) yang menuju dan transit ke wilayah Indonesia, Selasa (31/3/2020).

Selanjutnya aturan ini akan dibuatkan payung hukum lewat Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) yang akan memuat kapan dimulai dan sampai kapan batas waktunya.

Dilansir dari Tempo.com, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam kongrensi pers secara virtual di Kemenlu mengatakan kunjungan dan transit bagi WNA untuk sementara waktu akan dihentikan.

“Telah diputuskan bahwa semua kunjungan dan transit WNA ke wilayah Indonesia untuk sementara akan dihentikan,” tutur Retno, dikutip dari Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Retno juga mengatakan peraturan ini akan secepatnya diberlakukan secepat mungkin.

Namun peraturan ini tidak berlaku bagi pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas/Tetap (Kitas dan Kitap),
pemegang izin tinggal diplomatik, dan pemegang izin dinas. Meski mereka juga harus menjalani protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, sebelum pelarangan diumumkan pemerintah secara resmi, beberapa kedutaan, seperti Amerika Serikat, Denmark, Inggris dan Australia sudah mengimbau agar warga negaranya yang berada di tanah air segera kembali ke negaranya.

News Feed