by

3 Aturan Penting untuk Penggunan Masker Kain

Penggunaan masker saat pandemi virus corona sangat penting. Namun bagaimana jika masker bedah semakin langka dan tak terjangkau harganya? Masker kain bisa menjadi solusinya.

Meski masker kain tidak ideal atau tidak cukup memadai, tapi jika digunakan dengan memperhatikan 3 aturan pentingnya akan bisa berguna untuk menghambat penyebaran virus.

Melansir laman Live Science, Selasa (31/3/2020) seorang Peneliti di University of Cambridge, Anna Davies mengatakan fungsi masker kain menawarkan perlindungan terbatas, tapi jika tidak ada pilihan lain ada 3 instruksi penting yang mesti diperhatikan pengguna.

  1. Pemakaian masker harus tepat, yaitu memerhatikan dua sisi masker. Bagian luar harus tetap di luar, sedangkan bagian dalam di dalam. Jangan sampai tertukar.
  2. Masker kain hanya sekali pakai dan harus langsung dicuci setelah dipakai. Pencucian masker berfungsi untuk menghilangkan sisa partikel flu yang menempel di masker.
  3. Cara melepas masker harus diperhatikan, yaitu dengan cara memegang tali yang diikatkan ke bagian kepala kemudian ditarik ke depan. Tangan harus diusahakan tidak menyentuh masker. Baik menyentuh atau tidak pengguna harus segera mencuci tangan dengan sabun setelah melepas masker kain.

Berdasarkan 3 aturan di atas, Anna Davies menyarankan untuk melindungi diri satu-satunya jalan ya tidak keluar rumah atau menjaga jarak sosial. Tapi jika terpaksa keluar rumah harus menggunakan masker. Jika terpaksa masker yang digunakan adalah masker kain ya mau tidak mau aturan harus digunakan.

News Feed