by

Perpanjang Lockdown, Malaysia Harapkan Pemerintah Indonesia Permudah PMI Pulang Kampung

Dato’ M Zainul Arifin, Direktur Pusat Penyelesaian Permasalahan WNI (P3WNI) Malaysia, meminta pemerintah Indonesia memudahkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin pulang ke kampung halaman sehubungan perpanjangan masa lockdown yang diumumkan pemerintah Malaysia untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 hingga 14 April, yang semula hanya berakhir pada 31 Maret 2020.

“Kami meminta kepada pemerintah pusat untuk memfasilitasi dan mempermudah PMI di Malaysia yang ingin pulang ke kampung halamannya,” kata Zainul kepada Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Pemerintah pusat juga diminta untuk memberikan bantuan kepada para PMI berupa makanan dan minuman seperti sembako untuk bekal bertahan hidup selama lockdown.

Menurut Zainul, akibat lockdown ini, PMI di Malaysia tidak dapat bekerja. Sebab, sebagian besar PMI bekerja di sektor praktis seperti pembangunan infrastruktur, buruh pabrik, perkilangan, restoran, hingga petugas kebersihan.

Dikutip dari Kompas.Com, Mayoritas PMI di Malaysia digaji per hari atau per minggu. Sehingga mereka tidak dapat mendapatkan penghasilan dan lebih lanjut tak mampu memenuhi kebutuhan pokok.

“Pekerja migran Indonesia di Malaysia tidak takut dengan virus Covid-19 tetapi yang paling ditakutkan adalah virus kelaparan, sebab tidak bisa bekerja maka tidak bisa makan,” ujar Zainul.

Selain kebutuhan makanan, Zainul juga mendorong pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan berupa alat kesehatan dan perlindungan diri seperti masker.

Comment

News Feed