by

Hong Kong Melarang Orang Berkumpul Lebih dari 4 Orang

Hong Kong memberlakukan langkah-langkah baru yang bertujuan mengurangi jumlah infeksi lokal Covid-19, termasuk membatasi jumlah orang yang diperbolehkan berkumpul menjadi hanya empat orang dalam dua minggu ke depan, Jumat (27/3/2020).

Dilaporkan RTHK, larangan lebih dari empat orang berkumpul bersama akan berlaku di dalam dan di luar rumah selama dua minggu dari hari Minggu. Tetapi untuk keluarga dikecualikan, dan tidak ada batasan berapa banyak orang yang dapat berkumpul di tempat kerja.

Restoran juga diperintahkan untuk memangkas jumlah pelanggan maksimum yang dapat mereka tampung pada satu waktu sebanyak 50 persen, dengan batas maksimal hanya empat orang di setiap meja, dan dengan meja yang ditempatkan setidaknya 1,5 meter terpisah satu sama lain.

Bioskop, gimnasium, pusat permainan hiburan dan tempat hiburan lainnya disuruh tutup mulai jam 6 sore pada hari Sabtu.

Tetapi rencana untuk sementara waktu melarang penjualan alkohol di bar dan restoran telah ditinggalkan, setelah gagasan itu dipenuhi oleh campuran kebingungan dan cemoohan di beberapa tempat.

Langkah tersebut diumumkan oleh Kepala Eksekutif Carrie Lam pada hari ini setelah pertemuan darurat Dewan Eksekutif. Pemerintah meluncurkan slogan baru untuk krisis di konferensi pers: “Tetap di rumah, tetap aman”.

Lam menghadapi seruan yang meningkat untuk meningkatkan upaya memperlambat penyebaran Covid-19 di Hong Kong, dengan lonjakan baru-baru ini dalam jumlah orang yang terinfeksi yang kembali dari luar negeri, dan kelompok kasus terkait dengan bar.

Dalam menghadapi tuntutan untuk tindakan lebih lanjut, Lam telah mengumumkan pada hari Senin bahwa larangan sementara penjualan alkohol di bar dan restoran dan larangan tersebut diejek oleh sebagian orang, tetapi disambut oleh yang lain.

Para ahli medis sendiri terpecah tentang seberapa efektif pelarangan alkohol, meskipun ada kekhawatiran virus itu menyebar melalui orang-orang yang minum dan bekerja di bar di berbagai bagian wilayah Hong Kong.

Tapi peminum telah diselamatkan seumur hidup di bawah larangan, tanpa larangan minuman keras di antara langkah-langkah baru. Lam mengatakan dia hanya “mengusulkan” langkah semacam itu.

Melonjaknya 65 kasus Covid-19 baru pada hari Jumat, yang merupakan jumlah harian tertinggi, menjadikan jumlah total infeksi yang tercatat dalam SAR menjadi 518 dengan 4 orang meninggal dunia.

News Feed