by

CHP Peringatkan Warga Agar Tetap Waspada dan Lakukan ‘Sosial Distancing’ Sehubungan Peningkatan Kasus Covid-19

Pusat Perlindungan Kesehatan (CHP) sekali lagi mengeluarkan peringatan agar warga Hong Kong tetap waspada dan mengatur jarak sosial sehubungan makin meningkatnya jumlah kasus Covid-19. Total kasus Covid-19 di Hong Kong sudah melewati 400, Rabu (15/3/2020).

“Kami telah mengamati beberapa kasus sporadis dan wabah tanpa kaitan dengan kasus impor. Ada risiko penularan masyarakat lebih lanjut jika kita santai, dan tetap bepergian ke keramaian dan mengabaikan langkah-langkah jarak sosial,” kata Dr Chuang Shuk-kwan yang menjadi jurubicara CHP.

Dilaporkan RTHK, pejabat kesehatan pada hari Rabu melaporkan beberapa transmisi lokal baru dari virus corona yang dialami seorang pilot, seorang petugas polisi dan seorang bartender. Masyarakat diperingatkan tentang ancaman akan semakin membesarnya wabah jika mereka membiarkan kewaspadaannya menurun pada tahap pandemi ini.

Merinci bagaimana penghitungan SAR dari kasus virus telah meningkat dari 24 hingga secara total mencapai 410 kasus, CHP mengatakan 19 dari pasien baru telah berada di luar Hong Kong selama masa inkubasi mereka. Sebagian besar dari mereka baru saja kembali dari Eropa, termasuk enam siswa.

Sedangkan beberapa kasus lokal dikaitkan dengan Lan Kwai Fong. Seorang musisi yang baru-baru ini bermain di tempat-tempat di area bar telah dikonfirmasi memiliki virus, seperti lima anggota band lainnya pada hari Selasa. Seorang bartender di salah satu venue juga diketahui menderita penyakit ini.

Sementara itu, para pejabat mengatakan seorang pilot Cathay Pacific yang terinfeksi belum terbang keluar dari Hong Kong dalam waktu sekitar satu bulan. Namun, ia telah mengunjungi bar Insomnia, tempat band yang sama tampil.

Seorang pria lainnya berusia 36 tahun telah tertular virus tersebut, tetapi para pejabat mengatakan mereka belum tahu bagaimana cara penularannya, sementara seorang polisi berusia 22 tahun, yang belum pernah ke luar negeri dalam waktu dekat ini juga dinyatakan positif.

Sekitar 270 dari pasien Covid-19 Hong Kong masih dirawat di rumah sakit umum, dengan empat orang dari mereka sedang dalam kondisi kritis.

Hong Kong telah mencatat empat kematian terkait dengan virus corona sejauh ini, dengan kematian tambahan yang melibatkan penduduk SAR di provinsi Hubei dan dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang.

Comment

News Feed