by

Mulai Besok, BP2MI Hentikan Sementara Proses Penempatan PMI

Untuk melindungi Pekerja Migran Indonesia dari Covid-19, mulai 26 Maret 2020 Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) akan menghentikan sementara seluruh proses penempatan calon PMI, Rabu (25/3/2020).

Pemberhentian sementara ini sebagai tindak lanjut dari Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 151 Tahun 2020 yang kemudian dituangkan dalam Surat Edaran BP2MI Nomor 04 Tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020.

Menurut Tatang Budie Utama Razak, selaku Pelaksana Tugas Kepala BP2MI mengatakan keputusan tersebut diambil untuk melindungi PMI dari epidemi Covid-19.

“Seluruh pihak yang berkaitan khususnya calon PMI dan Pelaksana Penempatan PMI (P3MI) dapat memahami dan mematuhi sepenuhnya atas keputusan tersebut, karena hal ini semata-mata untuk melindungi PMI itu sendiri,” ujar tatang, dilansir dari Kompas.com, Rabu (25/3/2020).

Tatang juga menjelaskan bahwa pelayanan yang berkaitan dengan Perlindungan pekerja migran yang disediakan secara online masih tetap dilaksanakan.

Sedangkan mengenai kepulangan PMI, BP2MI akan menerapkan asas pencegahan dan penyebaran corona virus yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan.

“Jika suhu tubuh PMI lebih dari 37,5 derajad celcius maka akan diserahkan kepada instansi kesehatan setempat. Pegawai BP2MI yang bertugas menangani pelayanan kepulangan selalu juga memakai alat pelindung diri (APD),” kata Tatang.

News Feed