by

WHO Peringatkan Dunia Soal Percepatan Peningkatan Pandemi Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan kepada publik pada hari Senin bahwa pandemi virus korona jelas menyebar sangat cepat secara global, tetapi WHO juga mengatakan masih ada kemungkinan untuk mengubah lintasannya dengan melakukan pencegahan, Selasa (24/03/2020).

Diberitakan oleh RTHK, pernyataan itu disampaikan ketika jumlah kematian sampai pada angka yang melewati 15.000 dan lebih dari 341.000 orang terinfeksi di seluruh dunia, menurut penghitungan yang dicatat oleh AFP dari sumber resmi.

“Pandemi semakin cepat,” kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers virtual.

Saat pertama kali munculnya wabah tersebut di China pada bulan Desember, virus Corona telah menginfeksi sebanyak 100.000 orang pertama di seluruh dunia dalam kurun waktu 67 hari.

Berbeda dengan kasus kedua yang membutuhkan waktu 11 hari untuk 100.000 kasus dan hanya empat hari untuk 100.000 kasus ketiga. Penyebaran tersebut jelas sangat cepat menginfeksi orang-orang di banyak negara.

Namun, di sisi lain WHO mengatakan bahwa jumlah kasus yang tercatat secara resmi diyakini hanya mewakili sebagian kecil dari jumlah infeksi yang sebenarnya. Banyak negara yang hanya menguji kasus pada orang-orang yang mengalami gejala paling parah dan membutuhkan rawat inap.

“Kami bukan orang yang tak berdaya. Kami bisa mengubah lintasan pandemi ini,” ungkap Tedros.

Bersama presiden FIFA Gianni Infantino, Tedros membandingkan pertarungan melawan Covid-19 dengan taktik sepakbola.

“Anda tidak bisa memenangkan pertandingan sepak bola hanya dengan bertahan. Anda juga harus melawan,” kata Tedros.

Social Distancing atau jaga jarak adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperlambat pencegahan penyebaran Covid-19, menurut Tedros tindakan defensif yang tidak akan membantu untuk menang.

“Untuk menang, kita perlu menyerang virus dengan taktik agresif dan bertarget, menguji setiap kasus yang dicurigai, mengisolasi dan merawat setiap kasus yang dikonfirmasi, melacak serta mengkarantina setiap orang yang berkontak dekat,” ungkap Tedros.

Tedros dan Infantino meluncurkan kampanye bersama yang bertujuan menyebarkan pesan tentang bagaimana melindungi diri terhadap infeksi sehingga dapat “melawan virus corona”.

Ikon Barcelona dan Argentina Lionel Messi mengatakan: “Untuk di wajah Anda, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda. Karena ini dapat mencegah virus memasuki tubuh Anda.”

WHO mengakui bahwa banyak negara yang sedang berjuang melawan Covid-19 ini dengan melakukan langkah-langkah yang lebih agresif karena kurangnya sumber daya dan akses untuk melakukan tes.

Tedros juga menyampaikan bahwa belum ada obat signifikan yang sudah ditemukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut, maka ia mengimbau publik untuk tidak mengkonsumsi sembarang obat-obatan yang dianggap dapat menyembuhkan karena justru akan lebih memperburuk kondisi tubuh.

Tedros mengatakan akan meminta para pemimpin G20 dalam beberapa hari mendatang untuk bekerja sama lebih baik untuk “memerangi pandemi ini dalam kondisi yang paling kuat”.

Perhari ini di seluruh dunia ada sebanyak 350.354 kasus , 16.063 di antaranya meninggal dunia dan 96.665 dinyatakan sembuh.

Comment

News Feed