by

“Pakailah Masker Wajah Meski Sedang Berada di Rumah”

Profesor Lam Tai-hing seorang ahli kesehatan dari Universitas Hong Kong, mendesak semua warga Hong Kong untuk menjaga kesehatannya dengan tetap mengunakan masker wajah mereka sepanjang hari, bahkan ketika mereka sedang berada di rumah sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, Minggu (22/3/2020).

Dilansir dari RTHK, Lam Tai-hing mengatakan bahkan orang yang tinggal di rumah sendiri tetap harus berhati-hati, karena jika mereka tidak memakai masker dan mengalami batuk, mereka berpotensi menyebarkan virus yang dapat menempel pada furnitur rumah, dan bisa menginfeksi petugas kebersihan yang membersihkan area tersebut.

Ketua Kedokteran Masyarakat HKU itu menambahkan, kesadaran masyarakat akan kebersihan makanan dan lokasi tempat tinggal mereka harus lebih ditingkatkan lagi.

Menurut seorang penasihat pemerintah tentang penanggulangan pandemi Covid-19 Profesor Gabriel Leung, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hong Kong, telah meminta masyarakat untuk hanya pergi keluar rumah ketika benar-benar diperlukan, dan memperingatkan bahwa saat ini adalah waktu yang paling berbahaya dan kritis di Hong Kong.

Leung juga menyarankan agar para pengusaha menutup restoran-restoran mereka dan berbagai pemangku kepentingan mungkin harus mengambil keputusan yang lebih tegas, dan keras dalam beberapa hari mendatang untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Hong Kong.

Selama wawancara televisi, Leung mengatakan pemerintah dapat mengambil keputusan mengunakan wewenang khusus untuk menutup bar, restoran, bioskop dan pusat kebugaran, jika wabah lokal terus memburuk.

Namun Leung menambahkan, bahwa pemerintah harus memastikan kebijakan tentang upah pekerja berpenghasilan rendah, jika keputusan drastis semacam itu diberlakukan dalam waktu dekat.

News Feed