by

Luar Negeri Ragukan Indonesia Belum Terjangkit Covid-19

Indonesia hingga sampai saat ini belum melaporkan adanya kasus penyebaran Covid-19, dan hal itu membuat beberapa pihak di luar negeri sangsi kepada pernyataan pemerintah Indonesia, Minggu (1/3/2020).

Dari data worldometers, per jam 5.00 sore waktu Hong Kong (1/3) tercatat virus Covid-19 sudah terdeteksi di 64 negara dengan total 86.993 orang terjangkit virus corona, 2.979 orang telah meninggal dan 42,363 orang dinyatakan sembuh. Pada hari Sabtu (29/2), WHO menaikkan level maksimum terhadap ancaman Covid-1.

Dikutip dari The Sydney Morning Herald, Perdana Menteri Australia Scott Morrison kepada stasiun radio 3AW mengatakan bahwa klaim nol infeksi di Indonesia adalah akibat dari ketidakmampuan Indonesia untuk menguji virus Corona.

“Saya tidak bermaksud untuk tidak sopan, Indonesia memiliki sistem kesehatan yang berbeda dengan Australia dan kami berdua memiliki kapasitas yang berbeda untuk memberikan jaminan tersebut,” ungkap Scott seperti yang dilaporkan oleh The Sydney Morning Herald, Jumat (28/2).

Dikutip dari Kompas, Asosiasi Profesor Politik Indonesia di Universitas Nasional Australia, Greg Fealy, mengatakan dia skeptis terhadap klaim virus corona belum sampai di Indonesia. Akan tetapi dirinya tidak berpikir bahwa pihak berwenang Indonesia berbohong.

Menurut Greg apabila wabah Covid-19 terjadi di Indonesia potensi risiko bagi populasi Indonesia akan terlalu tinggi.

“Saya pikir lebih mungkin jika ada pasien virus corona di sana (Indonesia) dan mereka belum terdeteksi,” kata Greg.

Dikutip dari CNBC, dikabarkan mantan Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan bertemu langsung dengan Menteri Kesehatan Terawan pada tanggal 14 Februari. Juru bicara kedutaan AS tidak membantah soal kekhawatiran Donovan atas ancaman Covid-19 di Indonesia, pertemuannya dengan Terawan dilakukan untuk mengantisipasi virus tersebut.

Arab Saudi pun memasukkan Indonesia dalam daftar negara- negara yang terjangkit corona, dan WNI untuk sementara waktu tidak bisa memasuki negara Arab Saudi menggunakan visa wisata.

Direktur Jendral WHO, Adhanom Ghebreyesus meminta semua negara untuk waspada terhadap wabah Covid-19.

“Tidak ada negara yang boleh merasa aman, itu fatal sekali. Virus ini punya potensi menjadi pandemi,” tegas Ghebreyesus, seperti diberitakan Reuters, Jumat (28/2/2020).

Kekhawatiran berbagai pihak di luar negeri terhadap Indonesia terkait belum adanya laporan kasus Covid-19 ini dipicu oleh komentar kontroversial Menteri Kesehatan Indonesia Terawan Agus Putranto, yang mengklaim negara Indonesia terhindar dari Covid-19 karena dilindungi oleh Tuhan.

News Feed