by

Seorang PMI di Taiwan Positif Covid-19

Pusat Komando Epidemi Taiwan (CECC) menyatakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) positif mengidap Covid-19, Rabu (26/2/2020). PMI yang berusia 30 tahun tersebut terdaftar sebagai kasus ke-32 Virus Corona di Taiwan.

Menurut CECC, PMI yang berstatus ilegal tersebut bekerja pada sebuah keluarga yang tugas utamanya merawat lansia berusia 80 tahun. Pada Minggu, 23 Februari 2020, dia didiagnosis mengidap Covid-19. Sebelumya pada 11 sampai 16 Februari lalu dia pernah merawat lansia yang sedang sakit tersebut di rumah sakit.

Saat dinyatakan positif Covid-19, PMI ini sempat melarikan diri hingga akhirnya ditemukan lagi pada hari Senin (24/2). Selanjutnya tim kesehatan melakukan serangkaian tes ulang dan dia diisolasi disalah satu rumah sakit di Taiwan bagian Utara. PMI tersebut sempat mengeluh karena tenggorokannya tidak nyaman sebelum dinyatakan terjangkit virus Corona.

Sementara itu Faisal Soh, salah satu aktifis buruh migran di Taiwan melalui blog pribadinya mengatakan bahwa dia mencari siapa pun yang pernah bertemu PMI tersebut, untuk meminimalisir penularan.

“Yang sempat melihat kemarin Mbak yang saya bilang diduga Corona, hari ini hasil tesnya terbukti sudah positif. Saya sedang mencari orang-orang yang pernah bertemu dia sejak dari tanggal 10 ke atas,” ungkap Faisal di blog pribadinya, Rabu (26/2/2020)

Di Taiwan sendiri sampai saat ini memiliki satu kasus kematian terkait Covid-19. Per 26 Februari tercatat ada 80.967 kasus Covid-19 diseluruh dunia, dengan angka kematian mencapai 2.763 orang.

News Feed