by

Kecepatan Internet Taiwan Tercepat No.1 di Dunia

Taiwan saat ini berada di peringkat pertama sebagai yang memiliki internet tercepat di dunia dalam peringkat “Global League” yang dibuat oleh platform ulasan pembangun situs web online, Sabtu (22/2/2020).

The Daily Mail pada Kamis (20 Februari) mengutip para peneliti di WebsiteToolTester yang menyebutkan peringkat kecepatan internet Taiwan teratas di dunia dengan kecepatan unduhan rata-rata 85 megabit per detik (Mbps). Dengan kecepatan terik seperti itu, para peneliti memperkirakan pengguna web di Taiwan rata-rata dapat mengunduh film lima-gigabyte hanya dalam waktu delapan menit.

Sementara itu Singapura di tempat kedua, dan menyusul Pulau Jersey, Inggris, Swedia, Denmark, Jepang, Luksemburg, Belanda, Swiss, dan Norwegia berada di urutan 10 teratas.

Para peneliti menemukan bahwa 18 dari 25 negara dengan kecepatan internet tercepat berada di Eropa, sementara kecepatan internet rata-rata di dunia telah meningkat dari 9 Mbps pada 2017 menjadi 11 Mbps pada 2019.

Hasil penelitian ini disusun dari tes kecepatan yang diajukan oleh orang-orang dari seluruh dunia. Para penulis mengklaim bahwa “miliaran tes” dianalisis untuk menghasilkan peringkat Liga Global.

Salah satu jebakan yang diakui dari metodologi mereka adalah bahwa banyak pengguna web cenderung menjalankan tes kecepatan hanya ketika mereka mengalami masalah daripada ketika semuanya berjalan dengan lancar. Masalah seperti itu bisa disebabkan oleh lambatnya WiFi atau masalah dengan koneksi di rumah mereka alih-alih kecepatan aktual yang umumnya tersedia di negara tertentu.

“Inilah sebabnya mengapa rata-rata negara akan tampak lebih rendah daripada yang Anda harapkan jika dibandingkan dengan pengalaman langsung,” kata para penulis.

Namun demikian, mereka berpendapat bahwa karena setiap negara memiliki pengguna yang mengalami perlambatan, “penempatan komparatif di liga global relatif baik” dan termasuk kelemahan membuat laporan yang lebih realistis.

Studi ini menemukan bahwa kecepatan internet Taiwan telah meningkat 147 persen antara 2017 dan 2019. Adapun penjelasan untuk kenaikan Taiwan ke atas, CEO WebsiteToolTester Robert Brandl dikutip oleh Daily Mail mengatakan “Sangat menarik untuk melihat pusat bisnis seperti Taiwan dan Singapura, bercampur dengan negara-negara kecil seperti Jersey di negara-negara teratas yang memimpin kecepatan internet yang cepat. “

Brandl mengatakan bahwa kecepatan internet Taiwan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena itu adalah kunci untuk pertumbuhan mengingat ketergantungan negara itu pada industri TI.

“Teknologi tinggi adalah industri paling penting di Taiwan, berkontribusi terhadap 18 persen dari PDB negara itu, dengan perusahaan manufaktur elektronik menjadi bagian terbesar dari sektor ini,” kata Brandl.

Menurut laporan tersebut, pemerintah Taiwan telah banyak berinvestasi dalam memperkuat infrastruktur digitalnya untuk menyediakan kecepatan internet yang tinggi bagi perusahaannya. Para penulis mencantumkan bahwa “perdagangan belanja online lintas-batas” sebagai area pertumbuhan besar di Taiwan dan menyebutkan langkah-langkah besar pemerintah diambil untuk membangun “ekonomi digital yang mencakup media digital dan layanan elektronik.”

Sementara itu “Great Firewall,” China berada di tempat ke 161, tepat di belakang Bangladesh dan satu tingkat di depan Nikaragua. Yaman berada di posisi terakhir secara keseluruhan dengan kecepatan seperti siput 300 Kbps, tidak cukup sepertiga dari megabit dan bahkan lebih besar daripada internet seluler 3G

News Feed