by

China: 75.182 Orang Terinfeksi, 2.009 Orang Meninggal

Komisi Kesehatan Nasional China pagi ini melaporkan jumlah pasien Covid-19 bertambah menjadi 75.182 orang, dengan kematian mencapai 2.009 jiwa, dan 12.626 orang yang pernah terinfeksi Covid-19 kini sudah sembuh, Rabu (19/2/2020).

Seperti diberitakan oleh SCMP, kasus Covid-19 yang juga dikenal sebagai Virus Corona jenis baru ini dikaitkan dengan wabah pneumonia yang terjadi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Komisi kesehatan Hubei melaporkan, hingga saat ini terdapat 9.100 orang lebih di wilayahnya yang dinyatakan telah sembuh dan dibebaskan dari rumah sakit. Namun sekitar 11.200 orang lainnya masih dalam kondisi parah atau kritis.

Bertambahnya jumlah korban, baru dirilis beberapa jam setelah pemerintah Rusia mengumumkan, akan melakukan penerapan larangan masuk bagi semua wisatawan dari Tiongkok karena semakin memburuknya epidemi Covid-19.

Para pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah berulang kali meminta negara-negara agar menahan diri, untuk mengambil tindakan membatasi perjalanan dan perdagangan dengan Tiongkok. Sementara itu tindakan menutup semua akses transportasi penduduk Hubei telah dilakukan oleh pemerintah Tiongkok sendiri sejak meluasnya wabah ini.

Dari informasi yang dihimpun, Covid-19 dapat menular dari hewan ke manusia dan antar manusia, dengan gejala awal yang dialami orang ketika terjangkit virus ini antara lain batuk, flu, demam, sesak nafas, kesulitan pernafasan, gagal nafas, gagal ginjal, hingga mengakibatkan kematian. Hingga kini, laju perkembangan dan mutasi virus corona belum dikaitkan dengan dampak perubahan lingkungan, seperti berkurangnya tutupan lahan dan perubahan iklim atau cuaca.

News Feed