by

Taiwan Laporkan Kematian Pertama Korban Covid-19

Secara resmi pemerintah Taiwan mengumumkan bahwa satu warganya telah menjadi korban meninggal pertama karena epidemik Covid-19. Sedangkan di Tiongkok jumlah kematian akibat wabah ini sudah naik menjadi 1.665, Senin (17/2/2020).

Seperti diberitakan oleh AFP, seorang pria berusia 61 tahun dari Taiwan tengah yang memiliki riwayat penyakit diabetes, Hepatitis B, tidak diketahui bagaimana caranya bisa tertular virus Corona. Padahal menurut laporan media setempat, pria tersebut tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat. Pria tersebut meninggal di rumah sakit pada hari Sabtu (15/2) setelah dikonfirmasi hasil tes kesehatannya positif terjangkit COVID-19.

Kasus kematian pertama di Taiwan ini merupakan kasus kematian kelima yang tercatat terjadi di luar Tiongkok, dengan korban sebelumnya dari Filipina, Hong Kong, Jepang, dan Prancis.

“Kasus kematian ini terjadi kepada sopir taksi yang tidak berlisensi. Dimana pelanggan utamanya adalah orang-orang yang pernah bepergian ke China, Hong Kong dan Makau,” kata menteri kesehatan dan kesejahteraan Chen Shih-chung kepada wartawan.

Chen mengatakan pihak berwenang sedang memeriksa daftar klien pengemudi dan riwayat perjalanan mereka, sebagai upaya untuk melacak dan menemukan sumber infeksi, agar dapat melakukan tindakan lanjutan untuk pencegahan penyebaran virus secara meluas.

Seorang kerabat korban laki-laki berusia 50 tahun kemudian dikonfirmasi telah tertular virus juga, meskipun sebelumnya tidak menunjukkan gejala apa pun. Hingga saat ini warga Taiwan yang dikonfirmasi terinfeksi Covid-19 menjadi 20 orang.

News Feed