by

Taiwan Denda 3 Warga Hong Kong yang Melarikan Diri dari Karantina

Pihak berwenang Taiwan telah mendenda tiga warga Hong Kong masing-masing HK$ 18.000 karena melarikan diri dari karantina yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Minggu (16/2/2020).

Dilaporkan RTHK, Kantor Berita Pusat Taiwan melaporkan pada hari Sabtu (15/2) bahwa tiga orang, dua pria dan seorang wanita, telah dipindahkan ke fasilitas karantina yang lebih aman dan akan dibebaskan pada tanggal 23 Februari. Periode karantina 14 hari mereka terhitung sejak tanggal kedatangan ke Taiwan pada 8 Februari.

Pejabat pemerintah di Taipei mengatakan ketiga warga Hongkong tersebut telah memberikan alamat dan nomor telepon palsu kepada petugas kesehatan, yang kemudian tidak dapat menghubungi ketiganya selama dua minggu masa karantina rumah yang semestinya dijalani.

Ketiganya kemudian berhasil ditemukan dan ditangkap petugas di sebuah flat sewaan di distrik perbelanjaan Ximending di Taipei pada hari Jumat.

Denda maksimum untuk orang yang melanggar peraturan wajib karantina di Taiwan telah ditetapkan sebesar NT$ 150.000 atau hampir HK$ 39.000.

Taiwan memberlakukan pengaturan karantina pada 6 Februari untuk warga Taiwan yang kembali dari Tiongkok, Hong Kong atau Makau dengan dikenai 14 hari wajib karantina rumah.

Tindakan karantina kemudian diperluas untuk warga Hong Kong juga, tetapi sejak itu warga Hong Kong dan lainnya yang baru-baru ini berada di Hong Kong, semuanya telah dilarang memasuki Taiwan karena wabah tersebut.

Secara terpisah, Kantor Berita Pusat mengatakan seorang warga Taiwan yang telah kembali dari Hong Kong juga telah berhasil dilacak oleh polisi setelah ia melanggar karantina. Dikatakan bahwa secara total, 22 orang di Taipei telah didenda karena melanggar pengaturan wajib karantina rumah.

News Feed