by

Vietnam Karantina 10.000 Warganya Karena Virus Corona

Lebih dari 10.000 orang di desa-desa dekat ibukota Hanoi, Vietnam, dikarantina pada Kamis (13/2/2020) setelah enam kasus virus Corona yang mematikan ditemukan di sana. Karantina massal pertama di luar wilayah China tersebut akan berlangsung selama 20 hari.

Dilansir AFP, pos pemeriksaan telah didirikan di sekitar enam desa di area pertanian Son Loi, pinggiran daerah di distrik Binh Xuyen. Petugas kesehatan yang mengenakan pakaian pelindung lengkap terlihat menyemprotkan desinfektan pada semua kendaraan yang lewat. Sementara polisi memperingatkan orang-orang yang ingin memasuki daerah karantina bahwa sementara mereka diizinkan masuk namun setelah masuk tidak akan bisa pergi lagi sebelum area karantina dibuka kembali.

Perintah menutup 6 desa tersebut dikeluarkan pemerintah setelah kementerian kesehatan melaporkan bahwa lima orang telah terinfeksi virus Corona. Kemudian menyusul diumumkan kasus keenam.

Awalnya yang terjangkit virus adalah pekerja perempuan yang dikirim ke Wuhan di Cina tengah untuk pelatihan. Penyakit tersebut kemudian menyebar ke keluarga dan tetangganya, termasuk bayi berusia tiga bulan.

Menurut pembaruan kementerian kesehatan setempat, sejauh ini dikabarkan hanya pekerja perempuan yang telah pulih sepenuhnya dan dikeluarkan dari rumah sakit dan sementara yang lain tetap dalam kondisi “stabil”.

News Feed