by

MTR Buka Jalur Baru Ke Tuen Ma Line

Mass Transit Railway (MTR) Corporation telah membuka jalur Shatin baru, dengan kereta khusus yang berangkat dari Kai Tak menuju Wu Kai Sha pada pukul 5.45 pagi ini, Jumat (14/2/2020).

Seperti diberitakan oleh RTHK, ada upacara sederhana di peron kereta oleh tim manajemen MTR, yang mengambil bagian dalam penghitungan mundur bersama para calon penumpang pertama. Ketika pintu kereta terbuka, ada lebih dari seratus orang naik, dan banyak yang mengambil foto dan selfie.

Menurut MTR Corporation, jalur baru yang lebih dikenal sebagai fase satu dari Tuen Ma Line, akan beroprasi antara Kai Tak, Diamond Hill, Hin Keng dan Tai Wai, menjadi satu dengan jalur Ma On Shan yang saat ini ada.

Operator kereta api mengatakan bagian baru yang diperluas dari jalur Ma On Shan ini akan membuat lebih nyaman bagi penumpang untuk melakukan perjalanan antara Kowloon East dan North New East Territories. Sedangkan fase 2 dari Tuen Ma Line akan berjalan dari Kai Tak ke Hung Hom melalui Sung Wong Toi, To Kwa Wan dan Ho Man Tin.

Jurubicara MTR mengatakan, kereta dari Hung Hom itu akan terhubung dengan Jalur Kereta Api Barat, yang membentang antara Hung Hom dan Tuen Mun. Pembukaannya telah ditunda lebih dari dua tahun hingga akhir tahun depan karena memperkokoh konstruksi yang belum siap di area Hung Hom Station.

Selanjutnya, jalur lain dari Shatin menuju Central Link akan tergabung dengan Jalur Kereta Api Timur, yang membentang melintasi pelabuhan dari Hung Hom ke Admiralty, melalui stasiun baru yang sedang dibangun di Exhibition Centre di Wan Chai. Bagian ini diperkirakan tidak akan dibuka hingga kuartal pertama 2022.

Proyek pembangunan jalur kereta Shatin menuju Central Line telah menghadapi kelebihan biaya, dengan total tagihan sekarang diperkirakan sekitar HK $ 100 miliar, menjadikannya proyek kereta api paling mahal di Hong Kong.

News Feed