by

Kasus Virus Corona di Hong Kong Bertambah Menjadi 53

Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong (CHP) mengumumkan bahwa pada hari Kamis malam bahwa pihaknya sedang menyelidiki tiga kasus tambahan infeksi Covid-19, sehingga sejauh ini total kasus di Hong Kong menjadi 53 kasus, Jumat (14/02 /2020).

Dilaporkan dari RTHK, dari ketiga kasus tersebut, kasus pertama atau ke-51 adalah seorang pria berusia 43 tahun yang tinggal di Tuen Mun dan pria tersebut merupakan kerabat dari seorang pria lain berusia 66 tahun pada kasus ke-47 yang didiagnosis terjangkit Covid-19 pada hari Selasa lalu. Kedua pria tersebut pernah makan malam dengan 11 anggota keluarga lainnya pada tanggal 30 Januari.

CHP mengatakan berbagai upaya sedang dilakukan untuk melacak kerabat dari dua orang tersebut untuk memastikan apakah mereka perlu masuk ke karantina atau tidak.

Kepala Cabang Penyakit Menular CHP, Chuang Shuk-kwan, mengatakan korban terakhir bekerja di Gedung Komersial Nathan di Yau Ma Tei, dan 10 rekannya telah dikarantina sebagai tindakan pencegahan. CHP juga mencoba melacak tiga kliennya yang pernah berkontak langsung dengan pasien.

Pria tersebut tercatat menderita batuk pada 29 Januari dan mual dua hari kemudian, lalu berkonsultasi dengan dokter yang berbeda selama tiga kali. Pada hari Selasa ia dirawat di Rumah Sakit Tuen Mun dan didiagnosis positif terjangkit virus pada hari Rabu (12/2/2020).

Pada jumpa pers pukul 8:00 Kamis malam, CHP mengatakan dua kasus lainnya melibatkan seorang perempuan berusia 67 tahun (kasus ke-52) dan putranya yang berusia 37 tahun (kasus ke-53). Mereka berdua pernah makan malam dengan pasien dari tiga kasus yang dikonfirmasi (kasus ke-46, 48 dan 49) di Star Seafood Restaurant di North Point pada tanggal 26 Januari malam.

Kasus kedua yaitu pasien perempuan berusia 67 tahun, yang merupakan adik ipar dari pasien pria berusia 75 tahun dari kasus ke-46, yang menurut catatan memiliki riwayat kesehatan yang baik.

Perempuan tersebut tinggal di Mount Parker Lodge di Quarry Bay pada hari kerja dan tinggal bersama putranya di Heung Hoi Mansion di 28-32 O’Brien Road di Wan Chai pada akhir pekan. Pasien menderita batuk pada 31 Januari, kemudian demam dan menggigil sejak 1 Februari. Lalu berkonsultasi dengan dokter swasta pada 31 Januari, 3 dan 7 Februari.

Kemudian pasien mencari perawatan dari Rumah Sakit Ruttonjee pada 12 Februari. Pasien tidak memiliki riwayat perjalanan selama masa inkubasi. Kontak dekatnya, yaitu putrinya, menantu, cucu, cucu dan pekerja rumah tangganya, semuanya tanpa gejala dan akan diatur untuk karantina.

Kasus ketiga, pasien pria berusia 37 tahun, mengalami demam pada 8 Februari dan berkonsultasi dengan dokter swasta pada 9 Februari. Pasien tersebut mencari perawatan dari Rumah Sakit Ruttonjee pada 12 Februari dan sekarang dalam kondisi stabil. Pasien tidak memiliki riwayat perjalanan selama masa inkubasi.

Data yang dikumpulkan dari Pusat Kesehatan Hong Kong per hari ini dilaporkan ada 1.436 kasus, diantaranya: 53 kasus dikonfirmasi positif terkena Covid-19, satu meninggal dunia, satu telah dipulangkan, 161 masih dalam investigasi dan 1.222 lainnya di bawah aturan karantina.

News Feed