by

Harga Masker Semahal Emas, Indonesia Jadi Sorotan Media Internasional

Lonjakan harga masker secara ekstrem hingga 10 kali lipat harga normal di Indonesia menjadi sorotan beberapa media internasional. Salah satu diantaranya adalah Reuters, media yang berasal dari London, Inggris, Jumat (14/2/2020).

Dilansir dari Kompas.com, Routers menyoroti harga masker biasa yang naik hingga 10 kali lipat. Satu kotak masker yang berisi 50 lembar yang sebelum adanya virus Corona, harganya Rp 20.000, saat ini harganya sudah naik menjadi Rp 200.000.

Sedangkan The Straits Times menyoroti Masker N95 atau masker respirator yang diketahui efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus karena menyaring udara hingga 95 persen dan banyak diminati pembeli yang harganya meroket tinggi.

Menurut laporan Strait Times, harga satu kotak masker jenis N95 3M isi 20 helai dibandrol dengan harga Rp 1.500.000 di Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Harga tersebut mengalahkan harga emas di pasaran Indonesia yang per gram saat ini seharga Rp 800.000.

Lonjakan harga masker terjadi bukan hanya di Jakarta, tapi juga di hampir seluruh Indonesia. Di Blitar, masker bermerek OneMed yang biasanya dijual seharga Rp 5.000 per pak harganya naik menjadi Rp 25.000 per pak. Pun demikian di Malang, masker merek Sensi yang biasanya dijual Rp 18.000 per kotak harganya menjadi Rp 200.000 per kotaknya. Salah satu lapak online bahkan menjual masker jenis N95 seharga Rp 3.000.000 untuk sepuluh paknya. Padahal sebelumnya masker N95 dijual hanya sekitar Rp 20.000 saja

Diduga lonjakan harga masker karena kekhawatiran warga Indonesia terkait penularan penyakit Covid-19 yang berasal dari Wuhan, yang ironisnya kondisi tersebut justru dimanfaatkan oleh oknum yang selain membuat harga masker melambung juga membuat kelangkaan masker di pasaran.

Kondisi tersebut menuai kritik dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). YLKI dengan tajam mengkritik pemerintah karena dianggap tidak melakukan apa-apa terhadap situasi seperti saat ini. Meski YLKI telah meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk menyelidiki harga masker yang selangit, namun belum memberi perubahan apapun.

Awal pekan ini, Kementerian Kesehatan Indonesia telah mencatat jumlah kasus dugaan virus corona di wilayahnya sebanyak 62 orang, di mana 59 orang di antaranya telah dinyatakan negatif. 

Comment

News Feed