by

Virus Corona Menguras Bank Darah Hong Kong

Sejak menyebarnya virus Corona di Hong Kong angka pasien terus bertambah, yang mengakibatkan persediaan darah semakin menipis, sedangkan Palang Merah setempat tidak dapat mengumpulkan sesuai kebutuhan, karena sejumlah pendonor yang biasanya menyumbangkan darahnya harus dibatalkan di tengah epidemi Covid-19, Kamis (13/2/2020).

Dilansir dari RTHK The Hong Kong Red Cross Blood Transfusion Service mengatakan, datanya menyampaikan bahwa sumbangan darah dari masyarakat telah turun sekitar setengahnya, menjadi sekitar 300 kantong darah per hari sejak mulai liburan Tahun Baru Imlek.

“Kami memang memiliki kebutuhan untuk memasok darah bagi pasien seperti pasien thalassemia, pasien kanker, pasien leukemia, dan juga mencakup beberapa situasi darurat. Saat ini, kami tidak dapat mencapai jumlah minimum pengumpulan darah yang diperlukan,” kata Dr Lee Cheuk-kwong, kepala eksekutif layanan tersebut kepada RTHK.

Lee mengatakan inventaris semua golongan darah saat ini sangat rendah, meski Otoritas Rumah Sakit dan pihak rumah sakit swasta telah menunda beberapa operasi yang tidak darurat. Lee menjelaskan, bahwa dengan adanya penangguhan sekolah dan banyak orang yang bekerja dari rumah, donor darah yang menargetkan organisasi tertentu telah dibatalkan.

“Jadi kami hanya mengandalkan layanan dari pusat donor, untuk mengundang pendonor agar bersedia kembali berbagi, dan seperti yang Anda tahu, banyak orang agak takut keluar rumah dalam kurun waktu yang lama, jadi orang yang bersedia datang menyumbang di pusat donor kami lebih sedikit,” ujar Lee.

Lee memberikan dukungan penuh kepada para pendonor untuk berani maju menyumbangkan darahnya, karena mereka sekarang dapat memesan waktu terlebih dahulu sesui waktu yang dijadwalkan untuk memberikan darah di pusat-pusat donasi, sebagai upaya memastikan bahwa pendonor dapat menghindari kerumunan banyak orang l, dan petugas bisa mengambil darah tanpa membiarkan mereka harus menunggu lama.

Meski begitu, Lee menambahkan bagi calon pendonor yang melaporkan telah berkunjung ke Tiongkok selama 28 hari terakhir, atau telah melakukan kontak dengan pasien 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang telah dikonfirmasi, pasti akan ditolak,

Lee mengatakan angka donasi telah naik sedikit pada hari Selasa (11/2), dan dia optimis bahwa persediaan darah dapat meningkat ke tingkat yang lebih stabil, jika ada lebih banyak orang datang untuk menyumbangkan darahnya selama beberapa minggu ke depan.

Comment

News Feed