by

Jangan Gunakan Masker Lebih Dari Enam Jam

Sejak ditemukannya Novel Coronavirus (2019-NCov) atau lebih dikenal dengan Virus Corona pada akhir Desember 2019 lalu, hal pertama yang harus dilakukan bila kita melakukan aktifitas di luar rumah adalah menggunakan masker bedah untuk meminimalisir penularan virus.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini harga masker melonjak naik dan stok pun terbatas. Karena kondisi tersebut, kadang kita mengabaikan penggunaan masker. Jangan sampai masker yang seharusnya untuk melindungi diri, karena penggunaan yang salah malah akan mendatangkan penyakit.

Dilansir dari detik.com, melalui sambungan telepon, Dr. Diah Handayani, SpP, pakar ahli paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur, menyarankan agar masker digunakan maksimal 6 jam. Atau jika masker tidak basah dan bentuknya masih utuh maka bisa tetap dipakai tapi harus menghindari pemakaian masker di hari berikutnya.

Dr. Diah juga menyarankan agar setelah memegang masker hendak nya pengguna mencuci tangan agar virus atau kumannya tidak masuk ke dalam saluran pernafasan dan pencernaan.

Namun berbeda dengan maker bedah biasa, masker jenis N95 bisa dipakai ulang dengan syarat cara menaruhnya di tempat khusus atau membungkusnya dengan bungkusan yang tidak berpori agar masker tidak lembab.

Comment

News Feed