by

WHO Konfirmasi Kematian Pertama Karena Virus Corona di Luar China

 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkonfirmasi bahwa virus corona telah menelan korban pertama di Filipina, dan sudah menewaskan lebih dari 300 orang di Tiongkok juga telah menyebar ke puluhan negara lain, Minggu (02/2/2020).

Seperti yang diberitakan RTHK korban meninggal pertama di Filipina adalah seorang pria China berusia 44 tahun asal kota Wuhan. Diduga pria tersebut telah terinfeksi virus sebelum tiba di Filipina.

“Ini adalah kematian pertama yang dilaporkan di luar China,” kata Rabindra Abeyasinghe, perwakilan WHO untuk Filipina seperti dikutip RTHK.

“Namun, kita harus ingat bahwa ini bukan kasus yang didapat secara lokal. Pasien ini berasal dari pusat penyebaran virus (Wuhan),” tambah Abeyasinghe.

Sekretaris departmen kesehatan Francisco Duque mengatakan pria yang meninggal tersebut pernah menjalani perawatan untuk pemulihan di sebuah rumah sakit Manila setibanya di Filipina, bersama seorang wanita China berusia 38 tahun yang juga dinyatakan positif terkena 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV).

Berita kematian pria itu dirilis tak lama setelah Filipina mengumumkan akan segera menghentikan kedatangan wisatawan asing dari Tiongkok. Pemerintah Filipina juga mengimbau kepada warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke daratan China, Hong Kong dan Makau.

News Feed