by

Bank di Hong Kong Tutup Akibat Ancaman Meluasnya Wabah Virus Corona

Hong Kong Shanghai Banking Corporation (HSBC) per siang ini telah mengumumkan, bahwa mereka dalam sementara waktu akan menutup 24 kantor cabangnya di Hong Kong mulai hari Senin sampai waktu yang belum bisa ditentukan, Jumat (30/1/2020). Bank-bank lain juga mengumumkan hal yang senada.

Seperti diberitakan oleh RTHK, tindakan penutupan Bank diambil karena kekhawatiran akan wabah virus mematikan 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang dapat menyebar pada masyarakat luas dengan cepat. Pihak bank mengatakan, langkah mereka tersebut diambil untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para pekerja garis depannya, mengingat situasi mengenai wabah virus terus berubah dan semakin mencengkam dari hari ke hari.

Sehubungan penutupan semua cabangnya, termasuk yang di area Causeway Bay, Mong Kok, Sha Tin, dan Sheung Shui, HSBC mengatakan bahwa para nasabahnya dapat mengakses layanan perbankan melalui internet, telepon, dan mesin ATM.

Juru bicara Bank mengatakan akan memantau situasi dengan cermat dan mempertimbangkan langkah-langkah lain bila diperlukan.

Senada dengan HSBC, Bank of China juga mengumumkan bahwa hampir 50 cabangnya akan tutup mulai hari Sabtu.

Sedangkan Bank of East Asia mengatakan akan menutup 20 cabangnya juga dimulai hari Sabtu sampai pemberitahuan lebih lanjut dan ATM yang berlokasi di situs-situs tersebut tidak akan tersedia untuk digunakan.

Sementara itu, Hang Seng Bank mengatakan dari hari Sabtu, cabangnya hanya akan buka antara jam 9 pagi dan siang hari dan susah merencanakan penutupan 28 cabang dan 3 pusat bisnis perbankannya secara bertahap mulai tanggal 5 Februari.

Pihak Otoritas Moneter Hong Kong mengatakan mereka percaya antara 20 dan 30 persen dari semua cabang bank di Hong Kong juga akan ditutup sementara waktu untuk mengantisipasi penyebaran virus, sedangkan yang lainnya akan mengurangi jam layanan kerjanya.

News Feed